androidvodic.com

Pengamat Ini Sarankan Kaesang 'Nyebur' Sekalian Maju jadi Cagub Jakarta, Bukan Cawagub - News

Laporan wartawan Tribunnews, Ibriza Fasti Ifhami

News, JAKARTA - Wacana Kaesang Pangarep akan dipasangkan menjadi calon wakil gubernur (wagub) dari Anies Baswedan di Pilgub DKI Jakarta 2024 santer terdengar beberapa waktu belakangan.

Hal tersebut diperkuat dengan terbitnya Putusan Mahkamah Agung (MA) Nomor 23 P/HUM/2024, yang diduga menjadi karpet merah untuk Kaesang maju di Pilgub DKI Jakarta, meskipun belum genap berusia 30 tahun.

Pengamat politik Emrus Sihombing menilai, Kaesang lebih baik maju sebagai gubernur daripada wakil gubernur. Adapun menurutnya, hal ini berkaitan dengan posisi putra Presiden Jokowi itu sebagai Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

"Kaesang harusnya maju jadi gubernur, bukan wakil," ucap Emrus, saat dihubungi News, pada Kamis (20/6/2024).

Emrus mengatakan, sebagai pimpinan partai, Kaesang juga harus menunjukkan level kepemimpinannya di luar partai, meskipun gagal dalam membawa PSI lolos ke parlemen.

"Dia kan ketum partai, sekalipun dia gagal membawa PSI ke Senayan, tapi sebagai ketum partai dia harus menunjukkan kalibernya. Masa ketum PSI sekelas wagub, kan enggak baik. Kalau sekelas gubernur masih mungkin," jelas Emrus.

"Jadi, di partainya pemimpin, di calon pun dia jadi pemimpin," tambahnya.

Baca juga: Wakil Ketua Umum Golkar: Ridwan Kamil Mau Jadi Cagub Jakarta dengan Asumsi Anies Tak Maju

Menurutnya, Kaesang memiliki peluang menang di Jakarta. Hal itu bisa diukur dari basis pendukung PSI di DKI Jakarta dan dukungan dari NasDem, PAN, dan Demokrat.

"Kalau Kaesang maju, bagus banget kalau dia menang. Kalau dia kalah, jadi koreksi juga, misalnya karena pilkada, kemudian partainya kalah itu jadi evaluasi diri," ucap Emrus Sihombing.

Untuk diketahui wacana duet Anies-Kaesang mengemuka setelah disampaikan Ketua DPW PKB DKI Jakarta Hasbiallah Ilyas.

Hal ini setelah PKB DKI mengumumkan mendukung Anies sebagai Calon Gubernur Jakarta 2024.

Hasbiallah mengatakan, pihaknya sudah berkomunikasi dengan PSI untuk menduetkan Anies dengan Kaesang.

"Kita juga bersedia kalau Mas Kaesang memang mau mencalonkan Wakil Gubernur DKI Jakarta. Kita juga sudah komunikasi dengan PSI. Siapapun kita terbuka," kata Hasbiallah kepada wartawan, Rabu (12/6/2024).

Baca juga: Bambang Pacul Buka Suara Kans PDIP Usung Ahmad Luthfi di Pilkada Jateng 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat