androidvodic.com

PKS Usung Sohibul Iman Jadi Bakal Cagub Jakarta, Eko Patrio: Kita akan Prioritaskan KIM - News

Laporan Wartawan News, Chaerul Umam

News, JAKARTA - DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) akan mengusung Sohibul Iman sebagai bakal calon gubernur (cagub) Jakarta 2024.

Partai Amanat Nasional (PAN) menyambut positif keputusan PKS tersebut.

Baca juga: DPP PKS Ajukan Sohibul Iman Cagub Jakarta, Pengamat : Keputusan yang Rasional

Ketua DPW PAN Jakarta Eko Patrio menilai, hadirnya Sohibul Iman sebagai bakal cagub memberikan banyak pilihan bagi warga Jakarta.

Sebab, sebelumnya sejumlah nama juga santer akan maju di Pilkada Jakarta 2024, diantaranya Anies Baswedan dan Ridwan Kamil.

"Ridwan Kamil mau ke Jakarta, lalu ada Anies, lalu sekarang ada Sohibul Iman ke Jakarta, jadi warga Jakarta diberikan pilihan-pilihan gitu ya. Nah ini buat saya menarik," kata Eko di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (25/6/2024).

Baca juga: PKB Tidak Paham PKS Usung Sohibul Iman di Pilkada Jakarta: Kalau Sudah Daftar ke KPU Baru Final

Di sisi lain, Eko menyebut PAN akan memprioritaskan kerja sama dengan Koalisi Indonesia Maju (KIM) menghadapi Pilkada Jakarta.

Namun, dia tak menampik PAN bisa juga membangun koalisi dengan partai politik di luar KIM.

"Kita masih cair banget gitu ya, tetapi mungkin kita akan prioritaskan lebih ke KIM-nya, kira-kira mau diarahkan ke mana. Tapi itu pun tidak menjadi 100 persen mengarah ke sana gitu," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mengajukan nama Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Mohamad Sohibul Iman sebagai Bakal Calon Gubernur Daerah Khusus Jakarta 2024.

Demikian diungkapkan Juru Bicara PKS Ahmad Mabruri berbicara mengenai dinamika internal partainya menghadapi Pilkada Jakarta.

"Sebagai Partai pemenang di Jakarta, PKS memutuskan akan memperjuangkan kader terbaiknya sebagai Calon Gubernur DK Jakarta. Kandidat yang kami usung adalah Mohamad Sohibul Iman, yang saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua Majelis Syuro PKS," ungkap Mabruri dalam keterangannya kepada wartawan Minggu (23/6/2024).

Mabruri menyebut, bahwa Sohibul Iman merupakan figur yang memiliki integritas dan kapasitas yang mumpuni. 

Adapun Sohibul Iman pernah memimpin PKS pada periode 2015-2020. Dibawah kepemimpinannya, PKS mengalami peningkatan suara dan kursi secara signifikan dari 8,46 juta suara (6,77 persen) di 2014 menjadi 11,49 juta suara (8,21%) di 2019, atau meningkat dari 40 kursi di 2014 menjadi 50 kursi di 2019. 

Baca juga: Usung Sohibul Iman di Pilgub Jakarta, PKS Disebut Ambil Langkah Berani

“Artinya beliau memiliki kepemimpinan yang teruji dalam membawa PKS naik kelas. Beliau juga memiliki jejak yang panjang di dunia politik. terpilih tiga kali menjadi Anggota DPR pada periode 2009-2014, periode 2014-2019, dan periode 2024-2029 dan sempat memimpin DPR RI sebagai Wakil Ketua DPR," ucap Mabruri. 

Sebelum terjun di dunia politik, Sohibul Iman juga dikenal sebagai seorang teknokrat dan cendekiawan Muslim. 

Sohibul lama berkecimpung dalam bidang teknologi di BPPT (Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi) KEMENRISTEK RI. 

Dia juga pernah memimpin Universitas Paramadina sebagai Rektor, dan memimpin berbagai lembaga nirlaba yang fokus pada pengembangan inovasi, teknologi, dan sumber daya manusia strategis.

“Pak Sohibul Iman ini figur yang tepat untuk memimpin Jakarta. beliau adalah perpaduan antara seorang birokrat yang handal, politisi yang mumpuni, dan intelektual yang disegani di dunia pendidikan,” tandas Mabruri. (*)
 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat