androidvodic.com

Sudirman Said Berharap Pilkada Jakarta Tak Dijadikan Batu Loncatan untuk Pilpres 2029 - News

Laporan Reporter News, Rizki Sandi Saputra

News, JAKARTA - Mantan Menteri ESDM sekaligus mantan co-Captain Timnas Anies-Muhaimin di Pilpres 2024 Sudirman Said menyatakan harapannya jelang Pilkada Jakarta 2024.

Ia berharap agar seluruh kontestan yang nantinya maju di Pilkada Jakarta tidak menjadikan ajang tersebut sebagai batu loncatan untuk maju di Pilpres 2029.

Kata dia, para calon kepala daerah yang nantinya didukung dan diusung partai politik peserta pemilu, harus memahami betul permasalahan Jakarta yang sudah lagi bukan menjadi Ibu Kota.

"Saya memandang Jakarta dalam proses transformasi yang penting. Gubernur Jakarta mendatang harus fokus 100 persen. Jangan menjadikan Jakarta sekadar sebagai panggung politik, apalagi batu loncatan menuju Pilpres 2029," kata Sudirman Said dalam keterangannya, Senin (24/6/2024).

Kendati demikian, Sudirman tidak menjelaskan secara detail maksud dan tujuan dari pernyataannya tersebut.

Dirinya hanya menegaskan kalau, keinginan maju menjadi calon kepala daerah merupakan ikrar kesetiaan kepada warga untuk sepenuhnya menjadi pelayan masyarakat.

Baca juga: Sudirman Said Buka-bukaan, Pilih Prabowo daripada Jokowi, Siap Bersaing dengan Anies di Jakarta

Sehingga, tidak boleh memikirkan hal lain, kecuali kepentingan publik.

"Sudah waktunya Jakarta diurus secara fokus oleh siapa pun yang benar-benar ingin berkhidmat bagi perbaikan kesejahteraan dan kehidupan warga Jakarta," ucap dia.

Lebih jauh, Sudirman Said juga merespons soal keputusan DPP PKS yang mendorong kader internalnya, yaitu Wakil Ketua Majelis Syuro Mohamad Sohibul Iman, sebagai calon gubernur (cagub) Jakarta.

Dirinya menyambut baik soal keputusan tersebut. Pasalnya, Sohibul Iman kata dia, memiliki kapasitas untuk memimpin.

"Saya mengenal baik bapak Dr Sohibul Iman. Kapasitas dan integritasnya teruji. Kapasitas kepemimpinan beliau juga sudah teruji. Bila diperlukan pemahaman atas masalah lapangan tentu kawan-kawan sekaligus kader di Fraksi PKS di DPRD DKI, akan menjadi narasumber dan input yang baik, mengingat sehari-hari melakukan tugas-tugas legislasi, anggaran, dan pengawasan di Provinsi Jakarta," ujar Sudirman.

Baca juga: Sudirman Said Belum Bicara ke Anies Soal Niatnya Maju Pilgub Jakarta: Kita Dewasa, Saling Tahu Saja

Lebih lanjut, Sudirman juga menyatakan kalau dirinya memahami keputusan DPP PKS yang memajukan kader internal, karena PKS merupakan partai pemenang di Pileg DPRD 2024.

Sudirman lantas membeberkan peran Sohibul Iman kala menjabat sebagai pimpinan PKS.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat