androidvodic.com

Sore Ini Puncak Arus Balik Libur Paskah Menuju Jakarta - News

News, JAKARTA -  Puncak arus balik liburan Hari Raya Paskah diprediksi akan terjadi pada Minggu (27/3/2016) sore. Jumlah kendaraan masuk ke DKI Jakarta diprediksi sama dengan saat keluar ibu kota.

"Dari habis maghrib sampai dini hari," tutur Kepala Sub Direktorat Pembinaan dan Penegakan Hukum Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, AKBP Budiyanto kepada wartawan, Minggu (27/3/2016).

Untuk mengatasi kepadatan arus lalu lintas, Polda Metro Jaya mengerahkan sekitar 4000 personil. Sementara itu, sebanyak 2000 personil disiagakan.

Dia mengimbau kepada masyarakat pengguna jalan supaya berlaku tertib di jalan dan tak melakukan gerakan-gerakan yang menyebabkan kecelakaan.

"Mengemudi secara penuh konsentrasi. Mematuhi ketentuan lalu lintas yang berlaku," kata dia.

Cipali Dipadati 35.000 Kendaraan

Wakil Direktur Utama PT Lintas Marga Sedaya (LMS) Hudaya Arryanto mengatakan, di puncak arus balik Paskah hari ini, diprediksi 35.000 kendaraan akan memadati ruas Tol Cikopo-Palimanan, mengarah ke Jakarta.

Itu artinya, trafik kendaraan di ruas tol yang saham mayoritasnya milik investor Malaysia ini, melonjak dua kali lipat dibanding hari biasa yang rerata hanya 15.000 kendaraan per hari. 

Sementara pada arus mudik Libur paskah pada Kamis (25/3/2016) dan Jumat (27/3/2016), jumlah kendaraan yang masuk di gerbang Cikopo masing-masing sebanyak 27.700 dan 24.900 kendaraan.

"Karena itu, kami mengantisipasinya dengan menambah jumlah petugas gardu transaksi hingga 40 persen di gerbang Jalan Tol Cipali," ujar Hudaya, Sabtu (26/3/2016).

PT LMS juga membuka maksimal gerbang-gerbang tol utama, yaitu 15 gardu di pintu tol Cikopo dan 11 gardu di Palimanan. Jumlah ini masih ditambah lagi dengan 6 gardu satelit tambahan.

LMS juga menambah persediaan uang kembalian menjadi sekitar Rp 1 miliar per hari untuk memudahkan dan mempercepat proses transaksi di gardu tol.

Untuk dapat menampung peningkatan jumlah pengguna saat arus balik, LMS menyediakan tambahan 3 truk toilet di rest area atau Tempat Istirahat (TI), serta tambahan pasokan suplai air dari water tank.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat