androidvodic.com

Datangi Balai Kota, Ketua KPU DKI Lapor Anies Soal Pelaksanaan Pilkada 2017 - News

News, JAKARTA - Ketua KPU Provinsi DKI Jakarta, Sumarno, menyambangi Balai Kota DKI untuk bertemu dengan Gubernur DKI Anies Baswedan dan Wakil Gubernur DKI Sandiaga Uno.

Sumarno mengatakan dirinya menyampaikan dua hal kepada Anies dan Sandi. Pertama tentang laporan penyenggaraan pilkada tahun 2017 yang terkait dengan pelaksanaan tahapannya serta realisasi anggaran.

"Tadi kami laporkan kepada pak Gubernur dan pak Wagub bahwa dari anggaran yang kami terima, hibah 478 M, itu setelah selesai semuanya. Kami mengembalikan itu sekitar 67 M dari keseluruhan anggaran Pilkada DKI. Itu sudah kami serahkan kepada Pemprov DKI," ujar Sumarno, saat ditemui di Balaikota DKI, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (11/1/2018).

Baca: Keponakan Novanto Barter 2,6 Juta Dolar AS dari Mauritius ke Indonesia Lewat Singapura

Kedua, mengenai persiapan penyelenggaraan pemilu tahun 2019.

Sumarno menyampaikan beberapa tahapan yang sudah berjalan seperti verifikasi partai politik dan juga tentang rekrutmen tenaga ad hoc PPK-PPS (Panitia Pemilihan Kecamatan-Panitia Pemilihan Suara).

Ia melihat soal perlunya fasilitas peningkatan sarana dan prasarana, perkantoran serta mobilitas.

Termasuk juga tenaga pendukung untuk menunjang para penyelenggara dalam rangka pelaksanaan pemilu tahun 2019.

Menanggapi hal itu, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menyambut baik keinginan KPU.

Hasil dokumentasi, observasi, analisa atas penyelenggaraan pilkada kemarin yang disampaikan Sumarno, kata Anies, bisa menjadi bahan untuk peningkatan mutu penyelenggaraan pemilu di masa yang akan datang.

Baca: MK Tolak Uji Materi UU Pemilu yang Diajukan ACTA

"Kami menyadari persis pentingnya dan strategisnya KPU, karena itu tadi kami sampaikan insya Allah kita akan support," ujar Anies.

Anies menyatakan akan membantu fasilitas infrastruktur penunjang kegiatan KPU bisa dilengkapi dengan baik. Sehingga Komisioner KPU DKI, kata Anies, dapat berkonsentrasi pada penyelenggaraan dan tidak direpotkan dengan masalah-masalah infrastruktur.

"Pertemuan tadi Alhamdulillah, berjalan lancar, efisien, efektif dan insya Allah kita nanti akan tindaklanjuti dengan adanya tim kecil, untuk mereview lebih jauh tentang kebutuhan-kebutuhan dan rencana dari Pemprov DKI untuk menopang kinerja KPU," pungkasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat