androidvodic.com

Cetak Generasi Unggul, Pemprov DKI Ajak Warga Jakarta Utara Perbaiki Quality Time dengan Anak - News

Laporan Reporter Warta Kota, Junianto Hamonangan

News, JAKARTA - Suku Dinas Pemberdayaan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (PPAPP) Jakarta Utara menggelar penyuluhan pengasuhan anak kepada masyarakat di RPTRA Sunter Jaya, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (19/2/2019).

Penyuluhan pengasuhan anak kepada masyarakat tersebut mengungkapkan bahwa Quality Time atau waktu yang berkualitas dinilai penting untuk mengasuh anak.

Kepala Suku Dinas PPAPP Jakarta Utara, Joko Santoso mengatakan kegiatan itu digelar sebagai bentuk kepedulian pemerintah terhadap pengasuhan anak agar mampu mencetak generasi muda yang unggul.

“Ini (quality time) sangat penting. Yang paling penting dasarnya itu dari keluarga, jadi bagaimana kedekatan orang tua dengan anak,” kata Joko.

Joko menjelaskan, quality time menjadi momentum kedekatan orangtua terhadap anak terutama untuk mengembangkan sisi kejiwaan. Sehingga tidak boleh ada pemikiran mengenai perkembangan anak diserahkan kepada sekolah atau pengasuh.

“Jadi salah besar jika orangtua yang merasa sibuk, tidak memiliki waktu untuk anak, menyerahkan sepenuhnya pengasuhan kepada pengasuh dan sekolah,” jelasnya.

Para peserta penyuluhan juga dibekali ilmu porsi keseimbangan pengasuhan anak, mulai dari pola makan (gizi), istirahat, belajar dan bermain. Sehingga perkembangan fisik dan psikologi anak bertumbuh secara normal dan seimbang.

“Itu yang seharusnya diperhatikan oleh keluarga dan orangtuanya. Kalau dari sisi gizi tidak diperhatikan, maka akan terjadi kekurangan fisik, pertumbuhan tidak normal seperti tinggi dan berat badannya,” ujar dia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat