androidvodic.com

Pacific Place Lanjutkan Program Pendampingan PAUD - News

News, JAKARTA – Untuk keenam kalinya Pacific Place Jakarta bekerjasama dengan PAUD Institut meluncurkan program kegiatan pendampingan untuk empat lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Jakarta.

Keempat PAUD binaan tersebut adalah PAUD Nurul Iman dan PAUD Al Ishlah Kelurahan Gandaria Utara, PAUD Permata Bunda Kelurahan Cipete Utara dan PAUD Mawar Kelurahan Rawa Barat.

Anhar, Advisor CSR Pacific Place Jakarta, di acara peluncuran program ini di Jakarta, Selasa (21/5/2019) mengatakan, pogram tersebut merupakan perusahaan mendukung poin keempat Sustainable Development Goals (SDGs), yaitu peningkatan kualitas pendidikan melalui implementasi program Pacific Place Care sejak tahun 2015.

“Komitmen tersebut ditujukan secara lebih spesifik untuk pengembangan kualitas Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Provinsi DKI Jakarta,” jelas Anhar.

Baca: Aksi Tolak Pemilu Curang di Depan Gedung Bawaslu Berlangsung Damai

Di kegiatan pendampingan ini, Anhar menyebut, para peserta akan mendapatkan pelatihan, peningkatan kualitas sarana dan prasarana, penataan ruang kelas, studi banding, serta kegiatan parenting dan konseling bagi guru dan orang tua murid.

Program pendampingan ini merupakan salah satu program Corporate Social Responsibility (CSR) Pacific Place Care yang fokus pada dua pilar, yakni Anak-Anak dan Lingkungan.

“Melalui program pendampingan ini, Pacific Place berharap kualitas PAUD akan dapat ditingkatkan, tidak hanya penambahan atau perbaikan sarana dan prasarananya tetapi juga peningkatan kapasitas tenaga pendidik serta orang tua murid sebagai kunci keberhasilan proses belajar anak usia dini,” kata dia.

Dhanang Sasongko, Direktur PAUD Institute yang juga Sekjen Komnas Anak menyatakan, keempat PAUD binaan akan mendapat pendampingan selama 6 bulan ke depan, mulai April sampai September 2019.

Namun, setelah program pendampingan selesai, para guru PAUD ini masih bisa berkonsultasi kepada PAUD Institut.

Baca: PT KAI Batasi Bagasi Penumpang Maksimum 20 Kilogram di Periode Arus Mudik Lebaran

Program pendampingan ini terdiri dari program peningkatan kualitas sarana dan prasarana PAUD, Peningkatan Standar Kompetensi Guru dan Peningkatan kompetensi pola asuh orang tua.

Materi untuk orang tua meliputi pendidikan usia dini, pemberian makan bergizi untuk anak, melindungi anak dari budaya kekerasan, dan orang tua mampu membuat media pembelajaran di rumah sehingga orang tua menjadi kreatif.

"Total ada 9 materi pelatihan untuk para guru PAUD dan 4 materi parenting untuk orangtua supaya ada interaksi antara orangtua murid dengan pendidiknya,” tutur Dhanang,

Sampai saat ini Pacific Place Jakarta melakukan pendampingan terhadap 16 PAUD di Jakarta.

Selain pendampingan PAUD melalui peningkatan kompetensi guru dan orang tua, Pacific Place juga meningkatkan kesejahteraan guru PAUD melalui program warung PAUD dengan pilot project di Kelurahan Gandaria Selatan, Jakarta Selatan.

"Kami memberikan bantuan modal, para guru PAUD dilatih tentang bisnis warung yang menjadi unit bisnis yang kemungkinan bisa lebih besar lagi,” jelas Ari Wahyu, CSR Ast Manager Pacific Place.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat