androidvodic.com

Potong Hewan Kurban Sendiri, Anies Kisahkan Aktivitasnya Setiap Idul Adha Semasa SMA - News

News, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ternyata punya kisah unik di setiap momen Idul Adha.

Sejak duduk di bangku SMA, Anies ternyata sudah terbiasa menyembelih hewan kurbannya sendiri. Kisah itu dibagikan Anies melalui akun Instagramnya @Aniesbaswedan pada Minggu (11/8/2019).

“Alhamdulillah, hari ini masih diberikan kesempatan untuk kembali memotong hewan kurban sendiri,” kata Anies mengunggah fotonya yang tengah menyembelih hewan kurban.

Kata Anies, sejak SMA hingga Kuliah di Jogjakarta ia selalu terlibat sebagai panitia penyelenggara kurban.

Biasanya, daging kurban tersebut dibagikan untuk warga miskin di desa-desa sekitar Yogya.

“Pengalaman pertama memotong sendiri hewan Qurban ketika SMA kelas 2 yang dibagikan di daerah Gunung Kidul, waktu itu adalah dataran tinggi yang gersang di sisi tenggara Provinsi DIY. Kini saya dengar telah banyak penghijauan,” kenang Anies.

Berangkat dari hal tersebutlah kata Anies, ia mulai berjanji dan mengusahakan untuk memotong hewan kurbannya sendiri.

Ia bersyukur, Idul Adha 1440 H masih tetap diberikan kesempatan memotong hewan kurbannya sendiri. “Sesudah itu selalu diikhtiarkan, kalau secara waktu memungkinkan maka akan potong sendiri. Alhamdulillah, tahun ini waktunya memungkinkan,” kata Anies.

Bukan hanya memotong hewan kurban sendiri, ternyata ia juga berkesempatan menyembelih 3 kambing dan 2 sapi lainnya. 

“Hari ini rencananya hanya memotong hewan kurban sendiri, ternyata masih ada beberapa hewan yang belum disembelih jadi sekalian dipotongkan. Jadinya, saya dapat tugas menyembelih 3 kambing dan 2 sapi,” jelas Anies.

Memotong sapi sendiri menjadi pengalaman pertamanya selama mengikuti penyelenggaraan daging kurban.  

Anies pun membawa serta putranya saat menyembelih hewan kurban. Anies berharap tradisinya itu diturunkan kepada putranya.

Baca: Sakit dan Tidak Cukup Umur, 547 Ekor Hewan Kurban di Jakarta Dinyatakan Tak Layak Sembelih

“Dulu saya menyaksikan ayah memotong sendiri kambing kurbannya. Dan hari ini anak-anak saya ajak ikut lihat ayahnya memotong kurban sendiri juga. Mudah-mudahan nantinya, insyaAllah anak-anak meneruskan tradisi, bisa memotong sendiri hewan korbannya,” tandas Anies.

Anies Kurban Sapi 1,2 Ton

Diberitakan Wartakotalive.com sebelumnya Anies menyerahkan secara simbolis sapi seberat 1,2 ton ke Masjid Fatahillah di Balai Kota, Jakarta, Minggu (11/8/2019).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat