androidvodic.com

Komplotan Perampok Toko Emas di Kembangan Pantau Targetnya Selama Satu Bulan Sebelum Beraksi - News

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Elga Hikari Putra

News, JAKARTA - Kemplotan perampok toko emas di Pasar Kemiri, Kembangan, Jakarta Barat, selalu memantau dan memetakan terlebih dahulu targetnya sebelum beraksi.

Komplotan perampok yang menamakan diri Kelompok Wetonan asal Demak, Jawa Tengah, tersebut selalu bekerja secara rapih saat beraksi.

Komplotan tersebut memang selalu menargetkan toko emas dalam aksinya.

Saat beraksi mereka selalu melengkapi diri dengan senjata api untuk mengancam para korban.

Tak segan mereka melukai korbannya bila melawan.

Baca: Perampok Toko Emas di Pasar Kemiri Jakarta Barat Gunakan Peluru Buatan Pabrik Saat Beraksi

Kapolres Metro Jakarta Barat, Kombes Audie Latuheru, menjelaskan rata-rata kelompok ini membutuhkan waktu sebulan untuk memantau target sasarannya.

Waktu mereka beraksi pun tak sembarangan, karena harus berdasarkan pada tanggal dan weton yang dipercaya membawa keberuntungan.

Mereka biasanya beraksi pada tanggal 6, termasuk saat merampok toko emas Pelita di Pasar Kemiri, Kembangan, Jakarta Barat.

"Pelaku ini mereka cukup nekat dan manfaatkan situasi. Jadi saat orang terfokus dengan wabah mereka manfaatkan untuk aksi ini yang memang sudah diawasi satu bulan sebelumnya," kata Audie melalui telekonpersi pada Senin (13/4/2020).

Baca: Komplotan Perampok Toko Emas di Kembangan Kerap Beraksi Setiap Tanggal 6, Polisi Ungkap Asal Usulnya

Kanit Kriminal Umum Polres Metro Jakarta Barat, Iptu Dimitri Mahendra mengatakan, satu dari lima pelaku bertugas memetakan situasi di lokasi.

Satu orang tersebut bertugas mencari sasaran, memantau situasi di lokasi sebelum mereka beraksi dan memantau dari kejauhan saat keempat rekannya beraksi.

"Makanya saat kejadian, pelaku yang teridentifikasi itu ada empat orang yang naik dua motor boncengan."

"Tapi saat kami lakukan pengembangan ternyata mereka ini berlima dan bertugas menggambar (memetakan, red) situasi di TKP," kata Dimitri.

Baca: Polisi Baku Tembak dengan Perampok Toko Emas Pasar Kemiri, 3 Pelaku Tewas

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat