androidvodic.com

Pengungsi Banjir Bandang Puncak Bogor Sudah Kembali ke Rumah - News

News, BOGOR - Pengungsi korban banjir bandang di Gunung Mas, Cisarua, Kabupaten Bogor hari ini sudah ada yang kembali ke rumahnya masing-masing.

Camat Cisarua Deni Humaidi mengatakan sebagian pengungsi memang sudah diperkenankan untuk pulang ke rumah hari Sabtu (21/1/2021).

“Setelah peninjauan lokasi, kami mengadakan rapat dan memutuskan sebagian warga bisa kembali ke rumah,”kata Deni di Gunung Mas, Cisarua,  Sabtu (23/1/2021).

Baca juga: Kapolres Bogor Bantah Kabar Rumah Korban Banjir Bandang di Puncak Bogor Dijarah 

Namun untuk warga rentan seperti manula, balita dan ibu hamil belum diperkenankan pulang ke rumah.

Kemarin setelah salat Jumat, kata Deni, setiap KK (kepala keluarga) diminta untuk melihat dan membersihkan rumahnya masing-masing.

“Bersama PTPN, BPBD dan PUPR, kami sudah petakan mana daerah yang aman dan mana yang masih rawan,” ujarnya.

Untuk daerah zona aman, Pemkab Bogor membolehkan warga pulang ke rumah. S

ementara untuk zona rawan belum diizinkan.

“Perumahan Pangrango yang ada di bagian depan sudah bisa ditempati. Tetapi rumah-rumah dekat sungai belum karena masih penataan,” paparnya.

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy bersama Direktur Jaminan Sosial Keluarga, Kemensos, Rachmat Koesnadi, didampingi Bupati Bogor Ade Yasin meninjau lokasi banjir bandang di kawasan Puncak, Rabu (20/1/2021).
Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy bersama Direktur Jaminan Sosial Keluarga, Kemensos, Rachmat Koesnadi, didampingi Bupati Bogor Ade Yasin meninjau lokasi banjir bandang di kawasan Puncak, Rabu (20/1/2021). (Humas Ditjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Kemensos RI)

Deni mengaku belum bisa memastikan berapa yang masih di pengungsian saat ini.

“Kami masih mendata saat ini. Tetapi dari 1.025 pengungsi, sekira 80 persen sudah bisa pulang,” tuturnya.

Pantauan Wartakotalive.com, kondisi Kampung Rawadulang, Gunung Mas, yang menjadi lokasi terjadinya banjir bandang memang sudah kembali menggeliat.

Sebagian warga sibuk membersihkan rumah, sebagian lain membantu petugas membersihkan lingkungan di sekitar Sungai Cisampay.

Artikel ini telah tayang di Wartakotalive dengan judul Sebagian Besar Pengungsi  Banjir Bandang Gunung Mas Sudah Kembali ke Rumah, 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat