androidvodic.com

Viral Gunung Gede Pangrango Terlihat dari Kemayoran, Plt Kepala DLH: Dampak PSBB hingga Uji Emisi - News

News - Viral di media sosial foto pemandangan Gunung Gede Pangrango, Jawa Barat yang terlihat dari Kemayoran, Jakarta Pusat.

Foto pemandangan tersebut diunggah oleh pengguna Instagram Ari Wibisono, @wibisono.ari pada Rabu (17/2/2021).

Foto yang diambil pagi tadi kemudian menjadi perbincangan pengguna media sosial lainnya, karena Gunung Gede Pangrango terbilang sulit disaksikan dari wilayah Jakarta.

Menanggapi unggahan Ari Wibisono, Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta Syaripudin mengatakan hal tersebut terjadi karena kualitas udara ibu kota yang membaik.

Pandangan langit Jakarta pun kini tidak lagi berkabut karena polusi udara.

Penerapan kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) untuk mencegah penularan virus corona (Covid-19), kata Syaripudin, berdampak positif bagi lingkungan.

Baca juga: Menghijaukan Jakarta Melalui Gerakan Bagi, Tanam dan Rawat

Menurut Syaripudin, pandemi Covid-19 telah menunjukkan bahwa masih ada harapan untuk ibu kota memiliki lingkungan hidup yang lebih baik.

"Pandemi telah menunjukkan kepada kita bahwa masih ada harapan untuk lingkungan hidup yang lebih baik," ujar Syaripudin dikutip dari Kompas.com.

Adapun pembatasan kegiatan masyarakat mulai dari di tempat kerja, fasilitas sosial, fasilitas umum, dan transportasi umum juga telah mengubah gaya hidup baru.

Masyarakat kini lebih memilih kendaraan ramah lingkungan, seperti sepeda untuk bepergian atau berolahraga.

Hal itu tentunya mengurangi pencemaran udara yang sebelumnya disebabkan kendaraan umum dan tempat industri.

"Hal ini karena adanya peningkatan signifikan gaya hidup baru penggunaan sepeda sebagai alat transportasi ramah lingkungan," ucap Syaripudin.

Gunung Gede-Pangrango
Gunung Gede-Pangrango (ACT)

Selain itu, lanjut Syaripudin, kebijakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta terkait kewajiban uji emisi bagi kendaraan bermotor turut memberikan kontribusi terhadap kualitas udara ibu kota.

Pengakuan Pengunggah

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat