androidvodic.com

2 Masalah pada Pelaksanaan PPDB DKI Menurut Ombudsman Jakarta Raya - News

News, JAKARTA - Setidaknya ada dua permasalahan yang ditemukan Ombudsman Perwakilan Jakarta Raya saat pelaksanaan PPDB online di Jakarta pada Senin (7/6/2021).

Menurut lembaga pengawas pelayanan publik itu, Dinas Pendidikan DKI Jakarta tak siap melayani orangtua pelajar yang ingin mendaftar anaknya ke sekolah tujuan.

“Ada masalah dengan server dan sistem juga nggak siap ketika traffic penuh,” kata Kepala Ombudsman RI Perwakilan Jakarta Raya pada Teguh P Nugroho pada Senin (7/6/2021).

Teguh menjelaskan, sudah ada dua temuan yang paling menonjol. Pertama kemampuan server dalam mengatasi tingginya traffic pendaftaran, sehingga orangtua mengalami kesulitan untuk mengakses laman pendaftaran.

“Pastinya bukan dari leletnya internet dari pihak orangtua karena infrastruktur internet Jakarta sangat memadai,” ujarnya.

Baca juga: PPDB DKI Jakarta 2021: Alur Pelaksanaan, Link Daftar hingga Persyaratan Usia

Kemudian masalah yang kedua adalah keluhan dari orangtua siswa terkait kolom asal sekolah yang tidak kunjung muncul. Kata dia, peristiwa ini pernah terjadi pada dua tahun lalu.

“Disdik DKI harus segera menyiapkan mitigasi agar problem ini bisa segera diantisipasi,” imbuhnya.

Menurut Teguh, server tidak mampu membendung jumlah pendaftar yang sangat banyak dalam waktu bersamaan.

Soalnya urutan pendaftaran menjadi perhitungan jika kuota telah terpenuhi.

“Hal itu kami temukan saat proses pemantauan dari pelaksanaan PPDB di Jakarta,” ucapnya.

Warga berbondong-bondong datangi posko

Akses website di hari pertama Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online mengalami kendala.

Tak ayal, sejumlah orangtua pun mendatangi posko PPDB yang dibuka di SMA Negeri 78 Jakarta Barat, Kemanggisan, Palmerah, Jakarta Barat pada Senin (7/6/2021).

Baca juga: Atasi Sengkarut PPDB, Mencoba Menghapus Dikotomi Sekolah-Negeri dan Swasta

"Kalau masalah tidak bisa diakses atau lemot jaringan ini mungkin memang sedang dalam penyelesaian Dinas Pendidikan bersama dengan Telkom, jadi kami hanya menunggu," ujar Kasudin Pendidikan Wilayah II Jakarta Barat Subaedah ditemui di posko PPDB, Senin (7/6/2021).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat