androidvodic.com

Bantah Dibubarkan, Polda Metro Jaya Sebut Satuan Patroli di Tingkat Polres Justru akan Diperkuat - News

Laporan Wartawan News, Fandi Permana

News, JAKARTA - Wacana untuk mengevaluasi unit patroli di satuan Polres di wilayah hukum Polda Metro Jaya segera dilakukan.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus menjelaskan perihal pembubaran tim patroli malam yang diinstruksikan langsung oleh Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran.

Menurutnya, hak itu dilakukan untuk penguatan dan penataan ulang terhadap jajaran personel dari setiap polres.

"Jadi kemarin Pak Kapolda mengumpulkan semua tim khusus dari masing-masing Polres yang isukan kemarin tim itu dibubarkan. Bukan dibubarkan, bahkan akan diperkuat oleh Kapolda," kata Yusri kepada wartawan, Selasa (2/11/2021).

Yusri menjelaskan, salah satu penguatan itu dengan menambah 50 unit sepeda motor kepada setiap Polres untuk kegiatan patroli.

Harapannya, penguatan itu bisa mengantisipasi tindak kejahatan jalanan yang rawan terjadi saat malam hari.

Baca juga: Jenderal-jenderal Polisi Dimutasi: Berikut Nama-nama Kapolda hingga Kepala Intel Polri yang Diganti

"Dari Polda Metro Jaya akan memberikan penguatan berupa pemberian 50 unit sepeda motor untuk kegiatan patroli malam hari," kata Yusri.

Sementara itu, Yusri menjelaskan statement pembubaran unit patroli di tingkat Polres seperti yang diucapkan Kapolda beberapa hari lalu. Yusri menerangkan, jika hal itu bukan berarti membubarkan tim patroli tapi sebagai bentuk penataan ulang terhadap satuan tim-tim yang ada di setiap Polres untuk dipersiapkan standart operasional prosedur yang sesuai.

"Akan ada penataan ulang yang memang harus diatur fungsinya. Agar mereka-mereka ini bisa menjalankan tugas preventif. Karena apa? Polisi selama ini yang menggunakan seragam reserse ini akan diatur dibenahi. Reserse itu bukan berseragam untuk itu dibenahi bahkan diperkuat," tuturnya.

Rencananya, unit patroli itu akan dibekali pelatihan sesuai standar operasional. Mereka dilatih agar dalam menjalankan tugas tak ada lagi kesalahan prosedur seperti yang terjadi akhir-akhir ini.

Baca juga: Nasib Polantas yang Minta Bawang Sekarung Saat Tilang Truk: Dimutasi dan Ditahan di Polda Metro Jaya

"Iya sama semua, akan dilatih mereka semua. Di bawah pimpinan yang dikedepankan Sabhara dan Brimob akan dilatih mereka. Bagaimana SOP-nya terus bagaimana bentuk mereka menangani kalau ada masalah itu akan dilatih semuanya. Jadi kemarin ada dibubarkan, mana ada. Diperkuat," tambahnya.

Terkait dengan teknis pelaksanaannya, Yusri menerangkan nantinya tim patroli malam ini akan diatur sehingga setiap tim akan beranggotakan personel kesatuan Sabhara beserta Brimob. Sementara untuk personel Reserse akan dimasukan ke dalam tim khusus sebagai pelapis.

"Syaratnya khususnya kejahatan jalanan di jam-jam rawan, ya seperti jam 02.00 Wib malam begitu pada saat jam-ham sepi rawan begal itu yang akan diperkuat," tegasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat