androidvodic.com

Tulisan Anies Baswedan Soal Jakarta Rumah Untuk Semua - News

News, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menulis soal Kampung Susun Akuarium dalam akun facebook Anies Baswedan, Senin (6/12/2021).

Ia memberi judul tulisannya 'JAKARTA: RUMAH UNTUK SEMUA!'.

Anies pun mengungkap bila tulisannya ini merupakan tulisan pertama dari tiga tulisan yang dibuatnya.

Dalam tulisan tersebut Anies Baswedan pun menyertakan sebuah foto yang menunjukan sejumlah anak sedang bermain di sekitar Kampung Susun Akuarium.

Berikut tulisan lengkap Anies Baswedan tersebut.

JAKARTA: RUMAH UNTUK SEMUA!

Oleh: Anies Rasyid Baswedan

(Tulisan pertama dari tiga tulisan)

Hari Kemerdekaan tahun ini tampak berbeda bagi anak-anak di Kampung Akuarium. Senyum mereka kini merekah menyaksikan Kampung Susun Akuarium yang akhirnya berdiri setelah perjuangan panjang.

Lima tahun lalu, sepulang dari sekolah, harapan akan masa depan cerah seketika sirna. Rumah orang satu kampung diratakan buldoser. Sebuah ironi, warga jadi pengungsi di kampungnya sendiri: Rumah disapu, status kependudukan dicabut. Masa depan terasa gelap.

Tahun-tahun itu jadi pengalaman berat bagi anak-anak di pesisir utara ibukota tersebut. Namun, tepat di tanggal 17 Agustus 2021, walau kenangan buruk itu tak bisa dihapus, masa depan itu bisa hidup kembali. Kampung Susun Akuarium berhasil tegak berdiri.

Di kampung itu, semua warga urun rembuk mengenai rancangan yang diinginkan sesuai pola interaksi sosial keseharian dan kegiatan ekonomi mereka. Warga tak dicerabut dari akarnya, melainkan merasa memiliki apa yang menjadi hak mereka.

Bahkan, pola kepemilikannya pun tak transaksional. Warga bukan ditempatkan sekadar sebagai penyewa, melainkan warga membentuk koperasi pemukiman. Anggotanya hanya warga penghuni.
Pemerintah mempercayakan koperasi ini untuk mengelola dan merawat kampung susun. Ya, mereka memang masih sederhana keadaan ekonominya, tapi jangan sepelekan kemampuan warga. Mereka bisa bekerja bersama dan mengelola kampung susunnya secara kolektif.

Kolaborasi kolektif dalam Kampung Susun Akuarium adalah bukti bahwa membangun kampung kota bukan sekadar mendirikan bangunan, melainkan menghadirkan ruang hidup yang memanusiakan warganya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat