androidvodic.com

Makna Nomor 024 pada Sapi Kurban Anies Baswedan: Multitafsir, Bisa Saja Nomor Keberuntungan - News

News, JAKARTA - Sapi kurban bernomor 024 yang diserahkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Jakarta Internatonal Stadium (JIS), Jakarta Utara, Minggu (10/7/2022) menjadi sorontan publik.

Pasalnya, nomor yang tertulis di badan sapi berjenis limosin itu disebut-sebut terkait dengan Pilpres 2024.

Pengamat politik Herry Mendrofa menilai fenomena nomor urut 024 sapi kurban Anies Baswedan punya beberapa arti.

Satu sisi, bisa dikaitkan dengan peristiwa politik, dan bisa juga disebut sebagai sesuatu yang lumrah.

“Dalam konteks politik, pasti simbol-simbol seperti itu ibaratnya benchmarknya seorang figur kan. Tapi di sisi lain kita harus melihat ini juga sebagai sesuatu yang lazim,” kata Herry Mendrofa saat dihubungi News, Senin (11/7/2022).

“Benchmark ini kan seperti hal-hal yang sifatnya nilai jual dari orang itu. Jadi saya kira bisa dipersepsikan seperti itu bisa,” ujarnya menambahkan.

Baca juga: Makna Nomor 024, Bobot, Serta Warna Sapi Kurban Anies Baswedan Menurut Pengamat Politik

Kendati demikian, Direktur Eksekutif Centre for Indonesia Strategic Actions (CISA) ini mengatakan Anies bukan kali ini saja mendapat nomor urut kurban 024, melainkan sudsh terjadi sejak kurban di tahun-tahun yang lalu.

Artinya itu sebuah kelaziman. Sah-sah saja lah, tidak perlu diperdebatkan. tapi itu hal karena kelumrahan pun bisa dikaitkan dengan politik bisa saja.

Ditambahkan Herry, meski bisa diartikan dua sisi, Anies sendiri belum tentu memutuskan untuk mencalonkan diri menjadi presiden pada Pemilu 2024 nanti.

Sebab jika dilihat dari beberapa faktor, Gubernur DKI Jakarta ini belum memenuhi sejumlah persyaratan pengusungan kandidat seperti menjadi kader dari sebuah partai politik atau parpol.

Hanya saja, sambung dia, nama Anies Baswedan kerap muncul pada survei elektabilitas yang masuk ke dalam tiga besar bersama Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo.

“Jadi belum tentu juga. Jadi konteks politik di dalam itu ya tidak bisa dikaitkan sepenuhnya dia nyapres di 2024,” tuturnya.

Sementara itu, Pengamat politik Ujang Komarudin mengatakan asumsi terkait nomor 024 pada sapi kurban Anies Baswedan menimbulkan berbagai persepsi di kalangan masyarakat. 

Baca juga: Diteriaki Jamaah Anies Presiden 2024, Gubernur DKI Anies Baswedan Balas dengan Senyuman Kecil

“Mungkin simbolik punya makna tertentu ya, tapi saya tidak tahu. Karena saya tahunya ya hewan kurban diberi nomor 024, dan sebelumnya juga seperti itu,” kata Ujang Komarudin.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat