androidvodic.com

Kebakaran Maut Lapas Tangerang Tewaskan 49 Narapidana, 4 Sipir Dituntut 2 Tahun Penjara  - News

News, TANGERANG - Empat sipir terdakwa kasus kebakaran maut Lapas Tangerang dituntut dua tahun penjara.

Sindang tuntutan kasus kebakaran maut Lapas Tangerang ini digelar di Pengadilan Negeri Tangerang, Selasa (2/8/2022).

Keempat sipir yang duduk di kursi terdakwa kasus kebakaran maut itu yakni Suparto, Rusmanto, Yoga Wido Nugroho, dan Panahatan Butar-Butar.

"Dengan ini kami memberikan tuntutan kepada empat terdakwa dengan dua tahun penjara," kata JPU Kejari Kota Tangerang, Oktaviandi di depan Majelis Hakim yang diketuai Aji Suryo.

Sebagaimana diketahui, kebakaraan maut di Blok C2 Lapas Kelas I Tangerang pada 8 September 2021 lalu menewaskan 49 narapidana.

Dari kasus kebakaran maut itu, empat sipir Lapas Tangerang ditetapkan sebagai tersangka dan kini menjalani persidangan tuntutan di PN Tangerang.

JPU menyampaikan, tuntutan hukuman untuk keempat sipir Lapas Tangerang ini diberikan setelah mempetimbangkan sejumlah fakta meringankan dan memberatkan.

Seperti terdakwa Panahatan Butar-Butar yang sudah berusia lanjut dan mengakui perbuatannya serta memberikan keterangan secara jujur.

Fakta meringankan di atas sama persis dengan terdakwa Rusmanto dan Suparto. 

"Kemudian saudara Yoga hal yang meringankan bahwa terdakwa masih berusia muda dan mempunyai masa depan yang baik, akui perbuatan, terus terang berikan keterangan," ungkap Oktaviandi.

Satu fakta yang meringankan keempatnya juga adalah para keluarga dari 49 korban kebakaran sudah membuat petisi atau surat perdamaian.

Baca juga: Napi Teroris Sembunyi Dalam Bak Kamar Mandi Selama Api Membakar Lapas Kelas I Tangerang

Sementara, kuasa hukum para terdakwa, Herman Simarmata mengatakan, pihaknya akan melayangkan pleidoi atau surat pembelaan.

Sebab, para keluarga korban sudah membuat surat damai dan tragedi tersebut merupakan sebuah kecelakaan.

"Menerima saja tuntutan, tapi tanggal 23 Agustus 2022 kita lakukan pembelaan untuk masing-masing (terdakwa). Bahwa kalau dokumen mungkin sudah ada perdamaian dengan pihak keluarga daripada 49 korban," papar Herman.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat