androidvodic.com

KAI Sediakan Layanan Porter Gratis Bagi Penumpang Kereta Penyandang Disabilitas Selama Libur Nataru - News

Laporan Wartawan News, Fahmi Ramadhan

News, JAKARTA - PT KAI Daop 1 Jakarta menyediakan layanan porter gratis selama masa libur Natal dan Tahun Baru 2023 kepada penumpang penyandang disabilitas atau berkebutuhan khusus pengguna kereta api di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat.

Kepala Humas KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa mengatakan, layanan porter gratis yang diperuntukan ketika pengguna kereta api yang hendak menyebrang melalui jalur bawah menuju kereta dijalur 3 dan 4.

"Layanan porter gratis itu memiliki ciri-ciri khusus yakni menggunakan seragam khusus berupa rompi berwarna oranye," kata Eva dalam keterangannya, Minggu (25/12/2022).

Dikatakan Eva, peluncuran layanan porter gratis ini dikarenakan pada musim liburan kali ini karakteristik penumpang yang berangkat mayoritas bersama keluarga dan membawa anak serta barang bawaan yang cukup banyak.

Baca juga: Potensi Perputaran Uang Saat Nataru Tinggi, Wakil Ketua Komisi XI DPR: Momentum Pertumbuhan Ekonomi

Porter itu nantinya kata Eva akan dengan proaktif membantu calon penumpang seperti lansia, disabilitas, ibu hamil yang akan melintasi jalur bawah menuju peron 3 dan 4 saat berangkat atau sebaliknya.

"Sementara untuk layanan porter dengan tips jasa sesuai kebijakan pengguna juga masih ada untuk membantu pengguna KA di area stasiun," katanya.

KAI mencatat hari ini 18.300 penumpang telah diberangkatkan melalui Stasiun Pasar Senen dan 11.500 penumpang dari Stasiun Gambir. Jakarta Pusat, Minggu (25/12/2022) ini.

Kemudian, 11.500 pengguna jasa kereta api berangkat dari Stasiun Gambir.

Baca juga: KAI Catat 18.133 Penumpang Berangkat dari Stasiun Pasar Senen pada Hari Natal

Jumlah tersebut disebutnya melandai dari dua hari lalu.

"Sedikit menurun jika dibandingkan tanggal 23 dan 24 Desember lalu," ujarnya saat dihubungi pada Minggu (25/12/2022).

Akan tetapi, jumlah penumpang yang berangkat pada hari ini tetap lebih banyak dibandingkan akhir pekan pada biasanya.
"Kalau kita bandingkan pada weekend hari normal, ini masih tetap mengalami peningkatan," katanya.

Pihak PT KAI pun mengimbau agar para penumpang selalu menjaga protokol kesehatan. Termasuk menaati aturan vaksinasi Covid-19.

Untuk anak usia 6-12 tahun jika tidak memiliki bukti vaksin, masih tetap dapat melakukan perjalanan dengan meminta surat perjalanan dari puskesmas.

"Jika tidak ada surat, perjalanannya harus didampingi orang dewasa yang memenuhi aturan vaksin dewasa," kata Eva.

Adapun untuk vaksin dewasa, yaitu usia 18 tahun ke atas, harus sudah divaksin ketiga atau booster.

Sementara untuk usia anak 13 sampai 17 tahun sudah harus divaksin kedua.

Kemudian jika ada yang tidak bisa divaksin karena alasan medis, tetap bisa melakukan perjalanan dengan membawa surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat