androidvodic.com

Kapolda Metro Jaya Klaim Ajang Street Race Buat Balapan Liar di Jakarta Berkurang - News

News, JAKARTA - Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran mengatakan ajang street race dapat mengurangi aksi balap liar khususnya di Jakarta dan sekitarnya.

Hal ini dikatakan Fadil saat menghadiri kegiatan street race seri ke-5 yang digelar di Jalan Benyamin Sueb, Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu (28/1/2023).

"Dari data yang kami miliki, jumlah balapan liar itu, baik dan lokasi maupun jumlah balapan itu berkurang," kata Fadil.

Mantan Kapolda Jawa Timur itu mengatakan pengurangan aksi balap liar yang mengganggu masyarakat itu terbukti dengan antusias peserta yang mendaftar dalam ajang street race tersebut.

Dalam pengalaman ajang street race yang sudah digelar sebanyak lima kali itu terlihat adanya peningkatan peserta yang mau mengetes kemampuannya dalam dunia balap.

"Terkait dengan balapan ini sendiri, semakin hari banyak kemajuan, jumlah peserta. kemudian tadinya cuma dari Jabodetabek, sekarang datang dari luar Jawa," ucapnya.

Lebih lanjut, Fadil mengatakan pihaknya akan terus berupaya menekan aksi balap liar dengan cara mendekatkan diri kepada komunitas-komunitas pecinta balap.

"Bagi kami, Polri, yang menjadi concern adalah soal Bagaimana jumlah balapan liar dan keselamatan jiwa ini bisa kita kurangi, dan mendekatkan antara komunitas dengan Polda Metro Jaya," tuturnya.

"Yang tentunya yang tadinya mereka ini tidak begitu kenal dengan Polda Metro Jaya, sekarang justru bisa menjadi perpanjangan Polda Metro Jaya mengedukasi teman-temannya," sambungnya.

Janji Buat Lintasan Balap Liar di Ancol

Fadil Imran juga memberikan kabar bahagia khususnya para pecinta balap motor.

Dia mengatakan Polda Metro Jaya akan segera membuat lintasan balap liar secara resmi untuk memfasilitasi penghobi balapan.

"Saya ingat betul teman-teman pencinta kecepatan menyampaikan, teman-teman Bukan butuh event semata. teman-teman tidak butuh kalau hanya perlombaan, melainkan teman-teman butuh fasilitas penunjang," kata Fadil di ajang street race di Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu (28/1/2023).

Fadil mengatakan ekosistem terkait pecinta kecepatan yang sudah lengkap mulai dari mekanik, pembalap hingga menjadi hiburan masyarakat ini harus didukung.

Baca juga: Tak Saling Kenal, Aksi Balap Liar hingga Tutup Jalan di Senayan Berawal dari Gebar-Geber Kendaraan

"Jadi teman-teman ada bocoran, kemarin saya bertemu Dirut Ancol untuk menyampaikan unek-unek dan keinginan teman-teman agar teman-teman punya lintasan khusus yang dedicated," ucapnya.

"Saya sudah bertemu langsung dan menyampaikan alangkah baiknya kalau kita punya arena. Alhamdulillah disambut baik oleh Dirut Ancol," sambungnya

Mantan Kapolda Jawa Timur itu mengatakan saat ini pihak Ancol tengah membuat kajian untuk mempelajari apa saja yang akan diperlukan untuk arena balap.

"Ini adalah bentuk ikhtiar kita. Saya tidak ingin memberikan janji manis Untuk teman-teman, Tapi percayalah saya akan terus memperjuangkan agar teman-teman memiliki memiliki lintasan khusus untuk latihan yang dapat digunakan setiap hari yang memiliki standar keamanan yang baik," tuturnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat