androidvodic.com

Pulihkan Ekosistem Laut, Penanaman Bakau dan Pembersihan Sampah Dilakukan di Pantai Tanjung Pasir - News

Laporan Reporter News, Reza Deni

News, JAKARTA - 500 pohon bakau ditanam di kawasan Pantai Tanjung Pasir, Teluk Naga, Kabupaten Tangerang, Banten.

Penanaman yang dilakukan AEON Indonesia dan para karyawan serta SeaSoldier itu diketahui sebagai rangkaian kegiatan yang rutin dilakukan.

Tak hanya menanam pohon bakau, bibir Pantai Tanjung Pasir juga dibersihkan oleh peserta yang berjumlah kurang lebih 90 orang dan 70 orang karyawan AEON Indonesia.

Takahiro Osugi selaku Presiden Direktur PT AEON Indonesia mengatakan lewat bersih-bersih pantai hari ini, berhasil dikumpulkan total 207,68 kilogram sampah dengan rincian 83.65 kilogram sampah organik dan 119,09 kilogram sampah anorganik.

“Semoga acara ini selain bermanfaat tapi juga memberi inspirasi bagi masyarakat untuk peduli dengan kebersihan pantai Tanjung Pasir,” kata Takahiro lewat keterangannya, Minggu (19/3/2023).

Baca juga: 2.000 Bibit Mangrove untuk Bali, Bangun Awareness Investasi Produk Berbasis Pelestarian Lingkungan

Berdasarkan data dari KLHK (2021), volume sampah di Indonesia yang terdiri dari 154 kabupaten/kota se-Indonesia mencapai 18,2 juta ton per tahun sehingga 80 persen sampah di lautan berasal dari daratan.

Sampah plastik yang mencemari lautan, membunuh 100.000 mamalia laut dan 2.000.000 burung-burung laut setiap tahunnya.

“Selain merusak ekosistem laut, sampah tersebut juga masuk ke rantai makanan sehingga mengancam kesehatan manusia. Hal inilah yang menjadi keprihatinan kami sehingga melalui acara ini, kami ingin mengajak serta mengedukasi masyarakat tentang pentingnya menjaga ekosistem laut agar tidak tercemar sampah,” ujar Takahiro.

Baca juga: Berperan pada Ekosistem, Mangrove Dapat Cegah Gelombang Tsunami dan Abrasi

Selain membersihkan pantai, Takahiro menyebut aktivitas penanaman pohon bakau di pesisir pantai juga bertujuan untuk melindungi garis pantai dari abrasi atau pengikisan.

“Tumbuhan Mangrove juga merupakan salah satu jenis tumbuhan yang memiliki akar kokoh yang dapat meredam gelombang besar termasuk tsunami sehingga penanaman mangrove sangat penting untuk mencegah terjadinya bencana alam,” kata dia

“Sejak tahun 2011, AEON Group di Indonesia sudah beberapa kali melakukan aktivitas penanaman Mangrove, juga penanaman pohon di beberapa lokasi lainnya dengan total 111.006 pohon yang sudah ditanam,” pungkasnya.

Sementara itu, Founder & COO SeaSoldier Dini Setyaningrum mengapresiasi kegiatan tersebut.

“Karena Pantai Tanjung Pasir adalah salah 1 dari 7 kawasan konservasi mangrove yang dikelola oleh SeaSoldier foundation di Indonesia,” ujarnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat