androidvodic.com

Berkah Zakat Warga Kampung Gembira Gembrong Rasakan Dampak Nyata Program Bedah Kawasan - News

News, JAKARTA - Menjelang idulfitri 2022 lalu, masih terasa dalam ingatan warga Kampung Gembira Gembrong, Jatinegara, Jakarta Timur.

Kebakaran dahsyat meluluhlantakkan rumah mereka tepat usai sholat tarawih, ratusan rumah terbakar yang dihuni sedikitnya 700 jiwa.

Usai kejadian tersebut, Baznas Bazis DKI Jakarta bekerjasama dengan sejumlah pihak melakukan program pembangunan rumah kembali warga korban kebakaran.

Revitalisasi Kampung Gembira Gembrong dilakukan Baznas (Bazis) Provinsi DKI Jakarta melalui program bedah kawasan dengan menganggarkan dana dari zakat, infak, sedekah (ZIS) warga Jakarta.

Pada 1 Juli 2022 peletakan batu pertama dilakukan, kemudian 7 Oktober 2022 bedah kawasan Kampung Gembira Gembrong diresmikan. Warga dapat kembali menghuni rumah mereka.

Baca juga: Cara Bayar Zakat Fitrah Lewat Baznas secara Online, Klik baznas.go.id

Ramadhan 2023 ini bertepatan dengan satu tahun peristiwa kebakaran Kampung Gembira Gembrong.

Warga merasakan dampak nyata atas program pembangunan bedah kawasan Baznas BAZIS DKI Jakarta.

Hal ini sebagaimana diungkapkan oleh Mugiharto selaku ketua rukun tetangga (RT) 04 Kampung Gembira Gembrong, Jatinegara.

Mugiharto mengungkapkan bahwa program bedah kawasan Baznas BAZIS DKI berdampak nyata dan dirasakan langsung oleh masyarakat di wilayahnya.

"Kegiatan Baznas BAZIS DKI jelas memiliki dampak nyata, selain membangun sarana fisik juga membangun SDM yang terlihat nyata dirasakan langsung oleh warga yaitu dengan membangun rumah warga yang juga difasilitasi pembangunan PAUD, sarana bermain, dan yang terbaru adanya pembangunan Masjid Nurul Hidayah.

Bahkan tidak saja sarana fisik yang di bangun oleh Baznas (Bazis) Provinsi DKI Jakarta. Program membangun mental dan spiritual juga dilakukan melalui kegiatan Duta Santri Mengaji, dan terbaru program pesantren ramadhan," kata Mugiharto Rabu (19/4/2023).

Mugiharto mengungkapkan bahwa dengan pembangunan saran fisik seperti rumah dan sarana umum termasuk fasilitas masjid di Kampung Gembira Gembrong, masyarakat kini aktif berkegiatan dan berinteraksi.

Melalui masjid misalnya warga membuat berbagai kegiatan keagamaan serta kegiatan silaturahmi sesama warga.

Senada dengan Mugiharto, Wahidin selaku ketua Rukun Warga (RW) 01, Kampung Gembira Gembrong, Jatinegara menjelaskan bahwa kegiatan yang dilakukan oleh Baznas BAZIS DKI sangat berdampak terhadap pengembangan sumber daya manusia di wilayah RW 01 Kampung Gembira Gembrong.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat