androidvodic.com

Kapolda Metro Sindir Pemotor Tak Pakai Helm: Pelanggar Banyak, Denda ke Negara Juga Banyak - News

Laporan Wartawan News, Abdi Ryanda Shakti

News, JAKARTA - Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto menyoroti banyaknya pengendara sepeda motor yang tak menggunakan helm saat perayaan malam takbiran di kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat.

Meski begitu, Karyoto memastikan pada pelanggar lalu lintas itu tidak terbebas dari penilangan. 

Kamera electronic traffic law enforcement (ETLE) akan bersiaga dengan merekam para pelanggar lalu lintas tersebut dan nantinya didenda atas pelanggarannya itu.

"Sistem ETLE itu sangat aktif, nanti akan termonitor berapa capture yang melanggar. Mereka memang merasa tidak ada yang mengawasi, tapi kenyataan nya tiba-tiba didatangi surat untuk membayar denda kepada pengadilan langsung," kata Karyoto kepada wartawan di Bundaran HI, Jakarta Pusat, Jumat (20/4/2023).

Karyoto mengatakan kesadaran pengendara merupakan faktor utama demi keselamatan dan kenyamanan bersama.

"Tapi sebenarnya masalah penggunaan helm harusnya para pengendara sadar sendiri karena helm untuk keselamatannya bukan petugas," jelasnya.

Lebih lanjut, Karyoto mengatakan nantinya kesalahan yang dibuat para pengendara akan merugikan dirinya sendiri karena harus membayar denda.

"Ketika daerah ini sudah dipasang CCTV yanh berkaitan dengan ETLE, itu akan otomatis bekerja. Mudah-mudahan saja, kalau banyak yang melanggar berarti denda kepada negara makin banyak," ungkapnya.

Sebelumnya, Warga DKI Jakarta berbondong-bondong merayakan malam takbiran pada Jumat (21/4/2023) malam.

Baca juga: Malam Takbiran di Bundaran HI Ramai, Arus Lalu Lintas Tersendat

Pantauan News di sekitar Bundaran Hotel Indonesia (HI), Menteng, Jakarta Pusat sekitar pukul 22.30 WIB, warga DKI terlihat memadati kawasan tersebut.

Ramainya warga yang merayakan malam takbiran membuat arus lalu lintas di pusat kota ini menjadi tersendat.

Dari pantauan terlihat sejumlah pengendara sepeda motor yang mendominasi jalan raya tersebut terlihat banyak yang tidak menggunakan helm.

Selain itu, warga yang yang ingin menghabiskan malamnya di kawasan Bundaran HI juga terlihat memarkirkan sepeda motornya di trotoar.

Saat ini, pihak kepolisian masih melakukan pengaturan agar arus lalu lintas tidak macet karena kepadatan kendaraan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat