androidvodic.com

Tradisi Unik Warga Kranji Bekasi saat Silaturahmi Lebaran, Saling Bersalaman di Depan Rumah - News

News, BEKASI - Beragam tradisi dilakukan warga dalam bersilaturahmi lebaran Idulfitri. Seperti yang dilakukan warga Perumahan Duta Kranji, Kecamatan Bekasi Barat, Kota Bekasi.

Warga kompleks perumahan tersebut berbaris di depan rumahnya masing-masing usai melaksanakan salat ied, mereka saling bersalaman hingga membuat lingkaran besar memanjang.

Baca juga: Tips Sehat Agar Bisa Menikmati Hidangan Lebaran

Fadil (38) mengatakan, Kompleks Perumahan Duta Kranji sudah berdiri sejak puluhan tahun dan saat ini mayoritas dihuni keluarga generasi kedua.

Momen lebaran, anak-anak dari penghuni Perumahan Duta Kranji akan datang berlebaran ke rumah orang tuanya.

"Kalau di lingkungan kami kebanyakan orang tua, anak-anaknya yang sudah berkeluarga datang ke sini," kata Fadil, Sabtu (22/4/2023).

Fadil menambahkan, tradisi lebaran dengan cara berkumpul di depan rumah masing-masing lalu membuat lingkaran besar bermula sejak 1990.

Baca juga: Tidak Mudik Lebaran, Warga Jakarta Pilih Liburan ke Dufan

Saat itu, warga kompak ingin mempermudah tradisi halal bihalal dari yang biasanya rumah ke rumah dibuat serentak agar mempersingkat waktu.

"Kalau biasanya keliling satu-satu ke rumah kalau di tempat kami kumpul di depan rumah salaman muter, lebih efisien waktu juga," jelas dia.

Sementara itu, Ketua RT setempat Edi Anshori mengatakan, tradisi lebaran di kompleks perumahannya sempat terhenti selama pandemi Covid-19.

Tahun ini, tradisi bersalaman hingga membuat satu lingkaran besar memanjang kembali digelar mengingat situasi Covid-19 yang sudah meredah.

"Tahun ini karena sudah ada kebebasan PPKM sudah dicabut makanya kita mulai lagi setelah tiga tahun berturut-turut tidak mengadakan tradisi ini," kata Edi.

Tradisi silaturahim ini lanjut Edi, diikuti seluruh warga Jalan Kepondang Perumahan Duta Kranji RT06 RW 03.

Baca juga: Tidak Mudik Lebaran, Warga Jakarta Pilih Liburan ke Dufan

"Supaya lebih cepat, tidak perlu keliling rumah satu-satu, karena banyak warga sini yang memiliki keperluan berlebaran ke rumah saudaranya yang jauh," ujarnya.

Artikel ini telah tayang di TribunJakarta.com dengan judul Warga Kranji Bekasi Punya Tradisi Unik Silaturahmi Tanpa Keliling Rumah

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat