androidvodic.com

Aparat Polda Metro Jaya Tangkap Dua Pelaku Penipuan Tiket Konser Coldplay di Sidrap Sulawesi Selatan - News

Laporan wartawan News, Fahmi Ramadhan

News, JAKARTA - Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Metro Jaya berhasil menangkap dua pelaku penipuan tiket konser Coldplay di wilayah Sulawesi Selatan pada Kamis (1/6/2023) sekira pukul 03.00 WITA dini hari tadi.

Kanit 2 Subdit Siber Ditreskrimsus Polda Metro Jaya AKP Charles Bagaisar mengatakan dua pelaku tersebut ditangkap di wilayah Sidenreng Rappang (Sidrap), Sulawesi Selatan.

"Tim yang sudah diberangkatkan ke wilayah Sulawesi Selatan berhasil melakukan penangkapan terhadap pelaku penipuan dengan modus operandi penipuan penjualan tiket konser Coldplay," kata Charles kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Kamis (1/6/2023).

Baca juga: Soal Penipuan Tiket Konser Coldplay, Pelaku Gunakan Berbagai Modus, Ngaku Kenal Orang Dalam

Kendati demikian, Charles belum menjelaskan secara detail terkait identitas kedua pelaku tersebut yang saat ini berhasil pihaknya ringkus.

Dirinya hanya menuturkan bahwa kedua pelaku ditangkap di lokasi yang sama yakni di daerah Sidrap, Sulsel.

"Dua pelaku tersebut diamankan di lokasi yang sama dan saat ini masih dilakukan pengembangan," pungkasnya.

Sebelumnya, Polda Metro Jaya mengidentifikasi kelompok penipuan tiket konser Coldplay yang marak belakangan ini.

Baca juga: Bareskrim Polri Periksa Pihak Loket.com Untuk Dalami Mekanisme Penjualan Tiket Konser Coldplay

Kelompok penipuan tersebut terdeteksi berada di wilayah Sulawesi Selatan (Sulsel).

"Kami subdit siber melakukan pendalaman atau penyelidikan. Hasil dari penyelidikan diketahui kelompok pelaku berada di salah satu wilayah di Sulawesi Selatan," kata Kanit  2 Subdit Siber Ditreskrimsus Polda Metro Jaya AKP Charles Bagaisar kepada wartawan, Rabu (31/5/2023).

Charles mengatakan pihaknya sudah membentuk tim dan sudah berangkat ke lokasi untuk menangkap pelaku yang diduga berjumlah lebih dari satu orang.

"Untuk pelaku diduga mereka bekerja secara kelompok. Belum bisa kami pastikan (jumlahnya) mungkin hasil temuan dilapangan akan kami sampaikan. Kita berharap bersama. Pelaku bisa kita amankan," ucapnya.

Charles melanjutkan pihaknya telah mendapat banyak laporan terkait penipuan yang rata-rata bermodus jasa titip (jastip) tersebut.

"Modusnya ada berbagai modus. Salah satunya tawarkan jastip kemudian tawarkan pembelian tiket melalui medsos," ungkapnya.

Baca juga: Selain Modus Jasa Titip, Penipu Tiket Konser Coldplay Juga Mengaku Kenal Orang Dalam

"Kemudian ada juga penipuan dengan ngaku sebagai orang yang punya akses untuk penjualan tiket konser," sambungnya.

Dari banyaknya laporan tersebut, Polda Metro Jaya mengira total kerugian mencapai ratusan juta rupiah.

"(Kerugian) Bisa sampai ratusan juta saat ini kami masih dalami terkait dugaan pelaku yang sedang kami lakukan pengejaran," ujarnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat