androidvodic.com

Pelaku Curanmor Berhasil Ditangkap Polisi Saat Terlibat Keributan dengan Warga di Duren Tiga - News

News, JAKARTA - Polisi berhasil mengungkap dugaan kasus pencurian yang terjadi di kawasan Pasar Minggu, Jakarta Selatan kemarin dengan menciduk pelaku pencurian berinisial AS Alias Donggel.

Pelaku berhasil diciduk pasca terlibat keributan dengan warga di kawasan Duren Tiga, Pancoran, Jakarta Selatan.

"Kronologi hingga motor bisa kami amankan itu di tanggal 7 Oktober 2023 kemarin, tim kami sedang melaksanakan patroli di sekitar Duren Tiga dan di sana kami menemukan keramaian yang akhirnya kami datangi," ujar Kasubnit Ramnor Polres Metro Jakarta Selatan, Ipda Denis, Kamis (26/10/2023).

Baca juga: Polisi Ringkus Pencuri Motor di Jakarta Selatan Gara-gara Topi yang Dipakai

Menurutnya, saat polisi mendatangi keramaian itu, ternyata disitu tengah ramai warga mengamankan terduga pelaku pencurian berinisial AS.

Polisi lantas membawa terduga pelaku ke kantor polisi dan mendalaminya lebih lanjut.

"Ternyata benar dia pelaku curanmor, modusnya bermain di siang hari yang diketahui informasi dari warga pelakunya ada dua orang, dia (AS) sebagai joki, sedangkan eksekutornya untuk saat ini masih dalam tahap pengejaran," tuturnya.

Dirinya menerangkan, pelaku sejatinya diamankan polisi bersama motor yang baru saja dicurinya itu. Pelaku lantas dikenakan pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan, ancaman hukumannya paling lama 5 tahun.

Denis mengungkap, motor yang diketahui milik Karyanto itu kini dikembalikan ke pemiliknya.

Baca juga: Pencuri Kotak Amal di Purwakarta Terekam CCTV, Sempat Baca Buku sebelum Lancarkan Aksi

Namun, polisi meminta pada Karyanto selama proses penanganan kasus itu hingga sampai ke pengadilan, motor tersebut tak diperjualbelikan ataupun dipindahtangankan demi kepentingan penanganan perkaranya.

"Kami perkenankan untuk korban bisa mengajukan pinjam pakai dan kebetulan sudah di acc oleh pimpinan kami sehingga sementara selama proses berlanjut ke Kejaksaan, motor kami serahkan untuk dipinjam pakaikan pada korban agar bisa tetap mendukung kegiatannya sehari-harinya," jelasnya.

Sementara itu, korban yang bernama Karyanto menjelaskan, motornya raib saat dia tengah berada di kawasan Jalan Buncit Raya, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, dekat warung nasi.

Motornya yang terparkir di pinggir jalan kala itu dia tinggal sekira 15 menit lamanya di waktu menjelang sore hari, saat kembali motornya telah raib vak ditelan bumi.

"Kita cari-cari, sudah muter-muter nggak ketemu sampai akhirnya saya pulang. Saya lalu lapor ke polisi setelah kejadian itu juga. Saya sangat-sangat berterima kasih pada kepolisian yang telah menangani kasus ini dan menemukan kembali motor saya, mungkin ini masih rezeky saya," bebernya.

Pria yang berprofesi sebagai Driver Ojol itu menambahkan, dia berterima masih pada polisi yang telah mengembalikan sepeda motornya itu.

Pasalnya, selain kerap dipakai untuk PKL anaknya, motor itu juga kerap dipakai istrinya untuk berjualan di pasar sehingga dia bersyukur pada polisi karena telah menemukan motornya.

Baca juga: Tindak Tegas Pencuri Ikan, Kronologi KKP Tangkap Kapal Illegal Fishing Berbendera Filipina

"Profesi saya kebetulan ngojol, tapi di Jakarta Utara. Motor ini biasa dipakai untuk anak PKL, kebetulan anak saya PKL lokasinya di Jakarta Selatan, Istri saya kan jualan juga di pasar jadi kalau pagi motor ini suka dipakai untuk jualan belanja di pasar," katanya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat