androidvodic.com

Car Free Night Bakal Diterapkan saat Malam Tahun Baru di Jalan Sudirman-Thamrin Jakarta - News

Laporan Wartawan News, Abdi Ryanda Shakti

News, JAKARTA - Skema Car Free Night (CFN) bakal diterapkan di kawasan Jalan Jenderal Sudirman - Jalan MH Thamrin Jakarta pada malam pergantian tahun 2023 atau malam Tahun Baru 2024.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, penerapan skema CFN tersebut akan digelar di kawasan Sudirman-Thamrin, Jakarta Pusat pada 31 Desember 2023.

Kebijakan itu untuk mengganti kegiatan Car free Day (CFD) yang tidak diberlakukan pada pagi harinya.

"Tanggal 31 Desember (CFN) tidak ada. Tetapi akan dilaksanakan Car Free Night di Thamrin dsn Sudirman," kata Syafrin kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (18/12/2023).

Nantinya, kendaraan tidak diperbolehkan melintas kecuali bus TransJakarta di kawasan tersebut yang mulai diberlakukan sejak pukul 19.00 WIB. 

"Rencana Car Free Night mulai tanggal 31 jam 19.00 WIB, kemudian juga ada Jakarnafal," tuturnya.

Meski begitu, Syafrin belum mengungkap soal rekayasa lalu lintas yang akan dilakukan untuk para pengendara yang mengarah ke Jalan Sudirman-Thamrin.

Ribuan Personel Gabungan Pengamanan Nataru

Polda Metro Jaya akan menggelar Operasi Lilin Jaya 2023 untuk mengamankan perayaan Natal dan Tahun Baru di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya.

Nantinya akan ada ribuan personel gabungan akan dikerahkan untuk pengamanan dua event besar tersebut dari gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

"Personel yang kami siapkan 4.041 yang terdiri dari aparat pemerintah, TNI dan Polri," kata Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Senin (18/12/2023).

Baca juga: Polisi Cat Semprot Jalan Rusak di Demak, Cegah Kecelakaan Saat Libur Natal dan Tahun Baru

Operasi Lilin Jaya 2023 sendiri akan dilakukan selama 12 hari yakni mulai 22 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024 mendatang.

Karyoto menyoroti sejumlah objek pengamanan yang akan menjadi fokus pihaknya.

Pertama pihak kepolisian akan mengamankan sejumlah gereja-gereja di wilayah Jakarta yang akan menggelar ibadah atau misa perayaan Natal.

"Itu yang menjadi salah satu concern kami tadi bahwa tempat ibadah ini kan tempat kumpulnya orang banyak, kami sudah akan besok para Kasatker, Kapolres yang turun di lapangan langsung sebagai komandan pengamanan objek harus bisa memetakan kerawanannya apa," ungkapnya.

Baca juga: Libur Akhir Tahun Bakal Makan Dana Rp 80 Triliun, Berikut Persiapan Perbankan Sediakan Uang Tunai

Selain itu, lanjut Karyoto, pihaknya juga akan mengamankan seluruh tempat wisata di Jakarta selama masa libur Natal dan Tahun Baru.

Kemudian, ribuan personel itu juga akan dikerahkan untuk mengamankan dan membantu kelancaran arus mudik Natal dan Tahun Baru.

"Kami juga antisipasi kalau liburnya agak panjang nanti ini jadi mudik yang berpotensi lebih banyak lagi karena masih ada 4-5 hari untuk pulang kampung dari Jakarta ke Jawa Barat, Jawa Tengah maupun Jawa Timur, baik jalan tol dan jalan arteri," ucap Karyoto.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat