androidvodic.com

Wali Kota Tangsel Berharap Program Gerakan Ekonomi Sirkular Bisa Terus Digalakkan ke Masyarakat - News

News, JAKARTA - Pada peringatan Hari Peringatan Sampah Nasional (HPSN) tahun 2024, digrlar acara perayaan bertema 'Atasi Sampah Plastik dengan Cara Produktif' di Lapangan Parkir UMKM BSR, Tangerang Selatan, Minggu (3/3/2024).

Dalam sambutannya, Walikota Tangerang Selatan Benyamin Davnie menyampaikan bahwa sampah adalah tanggungjawab bersama.

Adapun acara yang digelar oleh Le Minerale bersama Bank Sampah Perumahan Bumi Serpong Residence (BSR) Raya, turut diisi kegiatan dari program Gerakan Ekonomi Sirkular Nasional (GESN).

Davnie mengatakan, kegiatan ini merupakan tindakan nyata dalam mengelola sampah dengan baik sekaligus memberikan edukasi kepada warga untuk menumbuhkan kepedulian terhadap sampah yang diproduksi setiap hari. 

"Sampah adalah tanggungjawab kita bersama,” kata Davnie dalam keterangannya. 

Kegiatan pengelolaan sampah tersebut berlangsung dengan lancar dan meriah. Para peserta antusias mengikuti rangkaian kegiatan positif yang diselenggarakan.

Ketua Panitia sekaligus Direktur Bank Sampah BSR Raya, Bambang Soemantri berharap program yang berdampak baik untuk lingkungan ini bisa terus digencarkan. 

"Terima kasih kepada Le Minerale yang telah memberikan dukungan atas terlaksananya kegiatan pelaksanaan Hari Peduli Sampah Nasional 2024. Sebab kami tau bahwa Le Minerale merupakan produk nasional yang secara konsisten mendukung pengelolaan sampah berkelanjutan dan konsisten menjalankan Gerakan Ekonomi Sirkular Nasional. Semoga kerjasama ini dapat terus terjalin," kata Bambang.

Le Minerale telah menjalankan hampir tiga tahun program GESN. Meski tergolong baru, Le Minerale menghasilkan dampak positif bagi pelestarian lingkungan. Utamanya, dalam hal mengurangi timbulan sampah yang juga menjadi target kerja Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK).

Sustainability Manager Le Minerale, Tania Ariningtyas menyatakan, dengan adanya kolaborasi ini, mereka berharap dapat saling menularkan semangat untuk menyukseskan GESN.

"Melalui kegiatan ini, kami ingin menularkan semangat kepada masyarakat sekaligus mengajak masyarakat untuk tetap melakukan langkah kecil, yaitu memilih dan memilah sampah plastik," kata Tania.

"Adanya Bank Sampah ini merupakan tindakan nyata yang sangat baik dilakukan agar sampah tersebut dapat daur ulang dan menjadi barang baru lagi yang bernilai," sambung Tania.

Meski juga tergolong baru, Bank Sampah BSR Raya yang didirikan tahun 2023 ini langsung mendapatkan respon positif-aktif dari warga untuk menjadi nasabah. 

Tabungan sampah terus mengalami peningkatan, memberikan efek positif dalam menjaga kelestarian lingkungan serta memberikan nilai ekonomi.

“Warga sangat antusias menjadi nasabah bank sampah dan tabungan sampah yang disetor terus meningkat” ujar Bambang.

Keberadaan Bank Sampah BSR Raya memberikan pembelajaran bagi warga untuk peduli dalam mengelola sampah yang harus dilakukan dari hulu sampai hilir.

Baca juga: Peduli Lingkungan Tak Kenal Status Sosial, Kisah Seorang Jurnalis Penggagas Bank Sampah

Acara peringatan HPSN 2024 ini disertai dengan acara Family Fun Walk, penanaman pohon, senam sehat, lomba mewarnai untuk anak, bazar UMKM, live musik dan penyerahan motor sampah.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat