androidvodic.com

Penyebab Terbongkarnya Kasus Perdagangan Orang di Apartemen Kalibata City Jakarta - News

News, JAKARTA - Polisi berhasil membongkar kasus Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) di Apartemen Kalibata City, Pancoran, Jakarta Selatan (Jaksel).

"Waktu kejadian tanggal 4 Februari 2024, TKP di Apartemen Kalibata City, Pancoran, Jaksel," kata Wakasat Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan Kompol Henrikus Yossi saat merilis kasus ini, Senin (18/3/2024).

Seorang perempuan berinisial DA (36) jadi tersangka pelaku dalam kasus ini.

Tersangka DA dihadirkan dalam jumpa pers pengungkapan kasus ini.

DA mengenakan hijab berwarna coklat, baju tahanan oranye, dan kedua tangan yang diborgol.

Yossi mengungkapkan sebanyak delapan orang menjadi korban dalam kasus TPPO ini.

"Dalam perkara ini juga terdapat delapan orang yang menjadi korban atau CPMI (Calon Pekerja Migran Indonesia) yang akan diberangkatkan secara non prosedural," ungkap dia.

Baca juga: Anak Korban TPPO Asal Sumatera Barat Ditemukan di Jakarta, KemenPPPA Beri Pendampingan

Ini merupakan kasus TPPO ketiga yang diungkap Polres Metro Jakarta Selatan dalam kurun waktu enam bulan terakhir.

"Ini adalah pengungkapan perdagangan orang yang ketiga kalinya yang diungkap Satreskrim Polres Metro Jaksel dalam kurun waktu enam bulan terakhir. Dan lagi-lagi kami mengungkap di lokasi yang sama yakni Apartemen Kalibata," ucap Yossi.

Penyebab Terungkap

Polisi mengatakan kasus TPPO ini terbongkar setelah Polres Metro Jakarta Selatan menerima informasi dari Balai Pelayanan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP3MI) Jawa Barat.

"Bahwa ada satu keluarga dalam hal ini adalah suami dari salah satu korban calon pekerja migran yang akan diberangkatkan melapor ke BP3MI Jabar, menginformasikan bahwa istrinya inisial IF akan dipekerjakan ke Arab Saudi," ujar dia.

Polres Metro Jakarta Selatan menggelar jumpa pers pengungkapan kasus tindak pidana perdagangan orang (TPPO), Senin (18/3/2024).
Polres Metro Jakarta Selatan menggelar jumpa pers pengungkapan kasus tindak pidana perdagangan orang (TPPO), Senin (18/3/2024). ()

Sang suami merasa keberatan jika istrinya diberangkatkan ke Arab Saudi.

Sebab IF awalnya dijanjikan bakal diberangkatkan ke Dubai.

"Informasi tersebut kemudian kami kembangkan, kami gali jauh lebih dalam, dan kami ketahui keberadaan istri tersebut yakni Saudara IF berada di Apartemen Kalibata," ungkap Yossi.

"Setelah melalui rangkaian proses penyelidikan, ternyata kami mendapatkan informasi bahwa bukan saja Saudara IF yang pada saat itu ditampung di Apartemen Kalibata, melainkan ada tujuh orang lainnya," tambahnya.

Ia menuturkan kasus TPPO ketiga yang diungkap Polres Metro Jakarta Selatan dalam kurun waktu enam bulan terakhir.

"Ini adalah pengungkapan perdagangan orang yang ketiga kalinya yang diungkap Satreskrim Polres Metro Jaksel dalam kurun waktu enam bulan terakhir. Dan lagi-lagi kami mengungkap di lokasi yang sama yakni Apartemen Kalibata," ucap Yossi.

Artikel ini telah tayang di TribunJakarta.com dengan judul Kronologi Terbongkarnya TPPO di Apartemen Kalibata City, Berawal dari Suami yang Cari Istrinya

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat