androidvodic.com

28 RT di Jakarta Terendam Banjir Hari Ini, Jalan Raya Bogor Sudah Surut - News

Laporan Wartawan News, Abdi Ryanda Shakti

News, JAKARTA - Hujan melanda Jakarta dan sekitarnya pada Minggu dan Senin 24-25 Maret 2024 membuat sejumlah wilayah banjir.

Hal ini juga mengakibatkan naiknya status pos sejumlah pintu air menjadi siaga 3 atau waspada.

Hingga pukul 09.00 WIB, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mencatat ada yang 28 RT yang terdampak banjir.

Baca juga: 23 RT di Jakarta Terendam Banjir, BPBD: Banjir Paling Tinggi Ada di Cawang

"BPBD mencatat genangan yang ada saat ini mengalami penurunan dari  1 ruas jalan tergenang dan 28 RT menjadi 28 RT atau 0.091 persen dari 30.772 RT yang ada di wilayah DKI Jakarta," kata Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta, Isnawa Adji dalam keterangannya, Senin (25/3/2024).

Isnawa mengatakan di wilayah Jakarta Selatan sendiri terdapat tujuh RT yakni di Kelurahan Rawa Jati dan Pejaten Timur dengan ketinggian 40 hingga 80 cm.

"Di wilayah Jakarta Timur terdapat 21 RT yang terdampak banjir," ucapnya.

Puluhan RT di wilayah Jakarta Timur di antaranya Kelurahan Bidara Cina sebanyak 4 RT, Kampung Melaya 10 RT, dan Balekambang terdapat 1 RT, Cawang 5 RT, Cililitan 1 RT dengan ketinggian air sekitar 50 sampai 200 cm.

Selain itu, Isnawa mengatakan terdapat pula daerah yang sudah surur seperti yakni di Kelurahan Tanjung Barat, Jakarta Selatan sebanyak 2 RT dan di Jalan Raya Bogor KM 19 (HEK), Kec. Kramat Jati, Jakarta Timur.

Baca juga: 2 Warga Sempur Bogor Tertimbun Longsor, Satu Korban Dievakuasi dalam Kondisi Meninggal Dunia

Dalam hal ini, Isnawa mengatakan BPBD DKI Jakarta mengerahkan personel untuk memonitor kondisi genangan di setiap wilayah dan mengkoordinasikan unsur Dinas SDA, Dinas Bina Marga, Dinas Gulkarmat untuk melakukan penyedotan genangan.

"BPBD DKI mengimbau kepada masyarakat agar tetap berhati-hati dan waspada terhadap potensi genangan.

Dalam keadaan darurat, segera hubungi nomor telepon 112. Layanan ini gratis dan beroperasi selama 24 jam non-stop," tuturnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat