androidvodic.com

Pj Wali Kota Tangerang Prediksi Lebih dari 50 Persen Warganya akan Mudik - News

Laporan Wartawan Tribun Tangerang,  Gilbert Sem Sandro

News, TANGERANG - Diperkirakan lebih dari 50 persen warga Kota Tangerang atau sekitar 1 juta akan mudik ke kampung halaman pada perayaan Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah.

Data Badan Pusat Statistik (BPS) hingga akhir tahun 2023 lalu, jumlah penduduk Kota Tangerang mencapai 1.950.580 orang.

Pj Wali Kota Tangerang, Dr Nurdin mengatakan, tingginya jumlah masyarakat yang berangkat mudik tersebut lantaran mayoritas penduduk adalah pendatang.

Umumnya,  mereka adalah masyarakat yang memilih Kota Tangerang sebagai tempat tinggal lantaran bekerja di Ibukota DKI Jakarta.

Baca juga: Besok Mantan Gubernur Erzaldi Roesman Dijadwalkan Bertemu Penyidik Pidsus Kejati Bangka Belitung

"Masyarakat pergi mudik karena memang bermukim di Kota Tangerang tapi bekerja di wilayah Jakarta dan sekitarnya sehingga ketika Hari Raya Idul Fitri 2024 tiba, praktis mereka akan merayakannya kembali ke daerah asalnya masing-masing," katanya.

Nurdin menuturkan, puncak arus mudik di wilayahnya belum terjadi di akhir pekan ini.

Di sisi lain Nurdin tak menampik bahwa kondisi jalanan di Kota Tangerang kini mulai sudah dipadati pemudik.

Pemkot Tangerang terus menggencarkan koordinasi dengan pihak terkait untuk memastikan aktivitas mudik dapat berjalan aman dan lancar.

"Sebagai daerah perbatasan, Kota Tangerang tentu akan banyak dilintasi oleh pemudik yang menuju Serang, Merak, Lampung, hingga pulau Sumatera," tuturnya.

"Oleh karena itu kami akan terus berkomunikasi dengan pihak kepolisian agar bisa memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat, khususnya pemudik yang menggunakan sepeda motor," ungkap Nurdin. (m28)

Artikel ini telah tayang di Tribuntangerang.com dengan judul 1 Juta Warga Kota Tangerang Diprediksi akan Mudik pada Hari Raya Lebaran 2024

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat