androidvodic.com

Stasiun Pasar Senen Diserbu Pemudik, Banyak Penumpang Duduk di Lantai - News

Laporan Wartawan News, Igman Ibrahim

News, JAKARTA - Situasi stasiun Pasar Senen terpantau padat hingga H-3 lebaran idul fitri 2024 pada Minggu (7/4/2024) hari ini. Penumpang yang akan mudik mulai memadati pintu keberangkatan.

Pantauan Tribunnews di lokasi, ribuan penumpang telah ramai memadati stasiun pasar Senen sejak pagi tadi. Pemudik tersebut tampak membawa koper, ransel hingga oleh-oleh yang dibawa ke kampung halaman.

Antrean yang mengular terlihat saat pemeriksaan tiket keberangkatan.

Padahal, PT Kereta Api Indonesia (KAI) sudah menyediakan 6 titik pemeriksaan tiket sebelum masuk ke dalam jalur keberangkatan.

Baca juga: PT KAI Jual Tiket Kereta Api Tambahan Rute Jakarta-Yogyakarta, Mulai Beroperasi Besok Sabtu 6 April

Kepadatan semakin tidak teratur lantaran banyak penumpang yang duduk-duduk di lantai. Mereka terlihat sudah duduk sejak pagi tadi untuk menunggu keberangkatan.

Pemerintah sebelumnya memprediksi puncak arus mudik dimulai sejak 6 hingga 8 April 2024. Dengan begitu, hari ini maupun besok masih masuk ke dalam puncak arus mudik lebaran.

Adapun PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta sebelumnya mencatat sebanyak 47.005 penumpang berangkat pada hari ini, Sabtu (6/42024) atau H-4 Lebaran.

Manager Humas KAI Daop 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko menyebut seluruh penumpang itu berangkat dari Stasiun Gambir 19.192 penumpang, Stasiun Pasar Senen 26.777 penumpang dan sisanya dari beberapa stasiun lain di wilayah Daop 1 Jakarta, meliputi Jakarta Kota, Jatinegara, Bekasi, Cikampek, Karawang dan Cikarang.

Ia menerangkan jumlah penumpang pada hari ini merupakan yang tertinggi dibanding kemarin pada H-5 Lebaran dengan 46.509 penumpang dan esok hari di angka 46.374 calon penumpang yang telah memiliki tiket.

"Berdasarkan data hari ini tanggal 6 April 2024, hari ini merupakan puncak arus mudik tertinggi, yaitu sebanyak 47 ribu lebih pemudik menggunakan jasa angkutan kereta api yang berangkat dari Jakarta,” kata Ixfan dalam keterangannya, Sabtu (6/42024).

Dari keseluruhan kereta yang berangkat dari Daop 1, Kota Surabaya dan Malang, Jawa Timur menjadi destinasi favorit masyarakat disusul Solo, Kutoarjo, dan Purwokerto di Jawa Tengah secara berurutan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat