androidvodic.com

KRL Anjlok di Depan WTC Mangga Dua, Ini Rekayasa Perjalanan Commuter Line - News

Laporan Wartawan News, Abdi Ryanda Shakti 

News, JAKARTA - Kereta Rel Listrik (KRL) mengalami anjlok pada Sabtu (13/4/2024 tepatnya pukul 07.00 WIB.

Manager External Relations and Corporate Image Care KCI Leza Arlan mengatakan KRL yang anjlok merupakan KA 5508 relasi Kampung Bandan-Cikarang via Pasar Senen.

Baca juga: Drama KRL Commuterline Rabu Pagi, Stasiun Manggarai Gelap Gulita Gara-gara Listrik Tiba-tiba Padam

Adapun lokasi anjlok terjadi pada KM 1+3/4 antara Stasiun Kampung Bandan dan Stasiun Rajawali atau tepatnya di depan WTC Mangga Dua.

"Hingga pukul 09.00 WIB, petugas terkait di lokasi masih fokus untuk melakukan proses evakuasi rangkaian Commuter Line dan melakukan normalisasi jalur rel," kata Leza dalam keterangannya.

Meski begitu, Leza memastikan tidak ada korban dalam insiden anjloknya rangkaian KRL tersebut.

"Penanganan pengguna pada rangkaian seluruhnya sudah dievakuasi ke tempat aman dan tidak ada korban atas kejadian tersebut," ucapnya.

Baca juga: Truk Terperosok di Lintasan Rel Kereta, Perjalanan KRL Jakarta-Tigaraksa Alami Gangguan

Saat ini, kata Leza, para penumpang KA 5508 itu sudah dipindahkan ke kereta berikutnya untuk melanjutkan perjalanan.

Dalam hal ini, KAI Commuter tetap menerapkan rekayasa pola operasi perjalanan Commuter Line, di mana perjalanan hanya bisa menggunakan satu jalur. 

Ini berdampak untuk KRL relasi Cikarang/Bekasi menuju Kampung Bandan via Pasar Senen serta Commuter Line Cikarang/Bekasi ke Kampung Bandan via Manggarai.

"Untuk menjaga keselamatan perjalanan kereta api dan proses pekerjaan evakuasi di lokasi, KAI Commuter juga melakukan pengaturan pembatasan kecepatan perjalanan kereta saat melintas di lokasi," tutupnya.

Berikut daftar lengkap rekayasa pola operasi KRL imbas anjlokan tersebut:

- KA 4019 (Tambun-Kampung Bandan via Pasar Senen), perjalanan hanya sampai Stasiun Kemayoran. Kembali sebagai KA 5520 (Kemayoran-Cikarang)

- KA 5519 (Bekasi-Kampung Bandan via Manggarai), perjalanan hanya sampai Stasiun Angke. Kembali sebagai KA 4020 (Angke-Bekasi)

- KA 4023 (Bekasi-Kampung Bandan via Pasar Senen), perjalanan hanya sampai Stasiun Kemayoran. Kembali sebagai KA 5522 (Kemayoran-Cikarang)

- KA 5521 (Manggarai-Kampung Bandan),  perjalanan hanya sampai Stasiun Angke. Kembali sebagai KA 4024 (Angke-Bekasi)

- KA 4025 (Cikarang-Kampung Bandan via Pasar Senen), perjalanan hanya sampai Stasiun Kemayoran. Kembali sebagai KA 5524 (Kemayoran-Cikarang)

- KA 5523 (Manggarai-Kampung Bandan), perjalanan hanya sampai Stasiun Angke. Kembali sebagai KA 4026 (Angke-Cikarang)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat