androidvodic.com

Margasatwa Ragunan Dilanda Macet Parah di Hari Keempat Lebaran, Arus Kendaraan Dialihkan - News

Laporan Wartawan News, Ashri Fadilla

News, JAKARTA - Penumpukan dsiertai kemacetan kendaraan terjadi di depan pintu utara Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta, pada hari keempat Idulfitri 1445 hijriah/Lebaran 2024, Sabtu (13/4/2024).

Dari pantauan Tribunnews, antrean kendaraan di Taman Margasatwa Ragunan mengular mulai dari pintu masuk, Jalan Harsono RM hingga ke Jalan TB Simatupang.

Untuk mengurai antrean itu, pihak pengelola TM Ragunan berkerja sama dengan kepolisian untuk mengalihkan arus masuk ke pintu Barat.

"Dari pak polisi sudah berkoordinasi melakukan pengalihan arus yah. Arusnya dialihkan ke barat. Di barat kemungkinan akan lebih lancar lalu lintasnya. Kalau dari Cilandak, masuk ke pintu Transmart lurus lagi, mentok, nah itu kiri langsung tuh turunan Ragunan," kata Staf Pelayanan dan Hubungan Masyarakat (Humas) TM Ragunan, Wahyudi Bambang saat ditemui di TM Ragunan, Sabtu (13/4/2024).

Untuk menampung kendaraan-kendaraan yang masuk ke TM Ragunan, tersedia tempat parkir yang berkapasitas 5.000 mobil dan 14 ribu sepeda motor.

Namun, dengan melonjaknya jumlah pengunjung hari ini, permasalahan kantung parkir biasanya dibantu oleh warga sekitar.

"Biasanya sih improvisasi yah. Warga setempat ini punya lahan kosong, itu dijadikan tempat parkir. Kita tidak menyuruh sih, tapi spontanitas saja yang dilakukan," kata Bambang.

Baca juga: Menpan RB Restui Aturan WFH Bagi ASN Untuk Urai Kemacetan Arus Balik Lebaran 16-17 April 2024

Dari data yang diperoleh pihak pengelola, hingga pukul 12.00 WIB hari ini ada 3.369 kendaraan roda empat yang memasuki TM Ragunan, 2.942 di antaranya membeli tiket offline dan 427 membeli tiket online.

Kemudian ada 9.729 sepeda motor yang memasuki TM Ragunan per hari ini, 9.090 membeli tiket offline dan 639 membeli tiket online.

Untuk pengguna sepeda per hari ini, 54 membeli tiket online dan 34 membeli tiket offline.

Adapun untuk bus, ada 46 yang parkir di kawasan TM Margasatwa, 44 membeli tiket offline dan 2 lainnya secara online.

Sedangkan untuk jumlah pengunjung, pada tengah hari sudah mencapai 59 ribu orang.

Baca juga: Jokowi Mau Silaturahim ke Megawati Segala Pakai Syarat, Projo: Bikin Rakyat Ilfil

Sebagian besar pengunjung yang datang, yakni 52.914 orang membeli tiket secara offline atau langsung ke loket TM Ragunan.

Sedangkan 6.673 lainnya membeli tiket secara online melalui aplikasi Taman Margasatwa Ragunan.

"Per hari ini pukul 12.00 WIB sudah sampai 50 ribu lebih pengunjungnya," kata Staf Pelayanan dan Hubungan Masyarakat (Humas) TM Ragunan, Wahyudi Bambang saat ditemui di TM Ragunan, Sabtu (13/4/2024).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat