androidvodic.com

Pengunjung Membludak, 2 Ambulans Disiagakan di Taman Margasatwa Ragunan Selama Libur Idulfitri - News

News, JAKARTA - Pengelola Taman Margasatwa (TM) Ragunan, Jakarta Selatan menyiagakan dua ambulans sebagai bentuk antisipasi membludaknya pengunjung selama momen libur lebaran atau Idulfitri 1445 hijriah.

Dua unit ambulans itu di antaranya merupakan bantuan dari Palang Merah Indonesia (PMI).

"Unit ambulan kami siapkan ada 1 unit resmi dan 1 unit untuk PMI," ujar Staf Pelayanan dan Hubungan Masyarakat (Humas) TM Ragunan, Wahyudi Bambang saat ditemui di TM Ragunan, Jumat (12/4/2024).

Selain ambulans ada pula satu klinik yang memang sejak lama sudah menjadi fasilitas kesehatan di Ragunan.

Kemudian ada posko kesehatan yang disiagakan selama libur lebaran Idulfitri tahun ini.

"Kami siapkan posko khusus, kemudian di kantor ada Klinik Ragunan dan Posko PMI," kata Bambang.

Dengan banyaknya fasilitas kesehatan itu, tentu saja disiagakan pula petugas kesehatan di posko dan Klinik Ragunan.

Secara umumnya, Bambang mengungkapkan bahwa jumlah petugas di Ragunan memang ditambah pada momen libur Idulfitri ini.

"Tenaga bantuan dari anak-anak sekolah, mahasiswa, dan atas rekomendasi teman-teman karyawan. Mereka bertugas untuk melaksanakan pelayanan selama musim liburan dalam waktu sekitar 5 sampai 7 hari ini," katanya.

Staf Pelayanan dan Hubungan Masyarakat (Humas) TM Ragunan, Wahyudi Bambang.
Staf Pelayanan dan Hubungan Masyarakat (Humas) TM Ragunan, Wahyudi Bambang. (News/Ashri Fadilla)

Penambahan fasilitas dan petugas seperti itu merupakan upaya antisipasi, mengingat peningkatan tajam jumlah pengunjung.

Pada Jumat (12/4/2024) saja, jumlah pengunjung pejalan kaki TM Ragunan terdata ada lebih dari 67 ribu.

Jumlah itu terdiri dari 63.813 pengunjung yang membeli tiket secara offline dan 3.877 pengunjung yang membeli tiket secara online melalui aplikasi Taman Margasatwa Ragunan.

Sedangkan normalnya, TM Ragunan menerima paling banyak 20 ribu pengunjung dalam satu hari. Itupun khusus weekend atau akhir pekan.

"Weekdays itu cuma dikit paling cuma 5.000 orang. Kalau weekend bisa 20 ribu. Per hari ini (Jumat 12 April 2024) pukul 17.00 WIB sudah sampai 67 ribu pengunjungnya," katanya.

Pengunjung mengamati Pelikan Timor di Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta, Jumat (12/4/2024). Liburan hari raya Idul Fitri, dimanfaatkan warga untuk berwisata ke Kebun Binatang Ragunan dan berdasarkan data pada hari ketiga lebaran, jumlah kunjungan ke Kebun Binatang Ragunan mencapai 46 ribu orang hingga pukul 13.00 WIB. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Pengunjung mengamati Pelikan Timor di Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta, Jumat (12/4/2024). Liburan hari raya Idul Fitri, dimanfaatkan warga untuk berwisata ke Kebun Binatang Ragunan dan berdasarkan data pada hari ketiga lebaran, jumlah kunjungan ke Kebun Binatang Ragunan mencapai 46 ribu orang hingga pukul 13.00 WIB. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN (TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN)

Selama musim libur lebaran Idulfitri tahun ini sudah ada lebih dari 130 ribu pengunjung yang terdata oleh pengelola TM Ragunan.

Pada Kamis (11/4/2024), ada 69 ribu pengunjung TM Ragunan yang terdata.

"Kalau hari pertama kemarin tercatat 69 ribu. Untuk hari ini data masih diproses. Hari ini juga belum mencapai puncaknya sih," ujar Bambang.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat