androidvodic.com

Hujan Sejak Jumat Malam, 68 RT di Jakarta Terendam Banjir - News

Laporan Wartawan News, Abdi Ryanda Shakti 

News, JAKARTA - Hujan dengan intensitas sedang di wilayah Jakarta dan sekitarnya sejak Jumat (24/5/2024) malam membuat meningkatnya status pintu-pintu air hingga menyebabkan sejumlah wilayah terendam banjir.

Dari data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta pada Sabtu (25/5/2024) sampai pukul 12.00 WIB, terdapat puluhan RT di Jakarta terendam banjir.

"BPBD mencatat genangan yang terjadi mengalami kenaikan dari 54 RT menjadi 68 RT atau 0.223 persen dari 30.772 RT yang ada di wilayah DKI Jakarta," kata Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta, Isnawa Adji dalam keterangannya, Sabtu.

Baca juga: Bantu Korban Banjir Sumbar, Baznas Lakukan Aksi Resik dan Distribusi Air Bersih

Isnawa mengatakan puluhan RT tersebut tersebar di dua kota yakni Jakarta Selatan dan Jakarta Timur.

Untuk Jakarta Selatan terdapat 14 RT di empat kelurahan dengan rata-rata ketinggian air mulai 45 cm hingga 120 cm.

"Empat kelurahan itu yakni di Pengadegan terdapat 1 RT, Rawajati 6 RT, Pejaten Timur 4 RT, dan Kebon Baru 3 RT," ucap Isnawa.

Selanjutnya, untuk wilayah Jakarta Timur, terdapat 54 RT yang terendam banjir dengan ketinggian air mulai dari 30 cm hingga 270 cm.

"Kelurahan Bidara Cina terdapat 13 RT, Kampung Melayu 27 RT, Balekambang 2 RT, Cawang 11 RT dan Cililitan 1 RT," jelasnya.

Lebih lanjut, Isnawa mengatakan BPBD DKI Jakarta bersama instansi terkait terus berupaya melakukan penyedotan air agar cepat surut dalam waktu dekat.

"BPBD DKI mengimbau kepada masyarakat agar tetap berhati-hati dan waspada terhadap potensi genangan. Dalam keadaan darurat, segera hubungi nomor telepon 112. Layanan ini gratis dan beroperasi selama 24 jam non-stop," pintanya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat