androidvodic.com

Masjid Istiqlal Sudah Terima 36 Ekor Sapi dan 4 Ekor Kambing - News

Laporan Wartawan Wartakotalive.com, Ahmad Sabran

News, JAKARTA - Badan Pelaksana Pengelola Masjid Istiqlal (BPPMI) kembali menerima dan menyalurkan hewan kurban pada hari raya Idul Adha 1434 Hijriah tahun ini. Hingga kemarin siang, total hewan kurban yang sudah diterima panitia sebanyak 36 sapi dan empat kambing.

Sekretaris BPPMI Subandi mengatakan, hewan kurban tersebut berasal dari Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono, Wakil Presiden RI Boediono, Menteri Agama RI Suryadharma Ali, Menteri Perdagangan Gita Wirjawan, dan anak mantan Presiden Soeharto, Siti Hardiyanti Rukmana sebanyak dua ekor.

”Kemudian ada 30 ekor sapi dari masyarakat Turki yang ada di Jakarta,” ujar Subandi, Sabtu (12/10/2013).

Sedangkan untuk warga umum, belum banyak yang menyerahkan hewan kurbannya ke BPPMI. Kemungkinan warga baru akan menyerahkan hewan kurbannya pada Minggu (13/10/2013) dan Senin (14/10/2013). Bahkan, sapi dari para pejabat negara tersebut juga belum tiba di Masjid terbesar se Asia Tenggara ini.
Sedangkan pada tahun 2012 lalu, ada 47 sapi, dan 38 kambing yang disalurkan ke BPPMI.

”Tahun lalu juga 30 sapi dari warga Turki, dalam ajaran mereka kurban ini wajib, berbeda kalau kita (Indonesia) Sunnah Muakkad,” tuturnya.

Ia mengatakan, BPPMI tidak menyebarkan kupon untuk membagikan daging kurban kepada masyarakat.

”Nanti pada hari Idul Adha kita akan hitung total hewan kurban dan jumlahnya bisa mencapai berapa kilogram daging, Masyarakat yang datang akan diberikan daging kurban dengan satu plastik berisi satu kilogram daging kurban,” tuturnya.

Lantaran ini kegiatan rutin setiap tahun, lanjutnya, BPPMI siap menjalankan amanah warga dan para pejabat negara untuk menyalurkan daging kepada yang berhak. Hewan kurban akan disembelih Selasa (15/10/2013) malam setelah salat Isya.

”Setelah disembelih dan dipotong-potong, daging akan dibungkus dan dimasukkan ke pendingin, pembagian akan dilakukan pada Rabu (16/10/2013) usai Salat Subuh,” tuturnya.

Panitia sudah menyiapkan tenda dengan 50 kursi untuk pria dan 50 kursi wanita. Para penerima daging kurban diminta duduk dengan tertib di tenda dan menunggu untuk mengambil kupon. Bagi warga yang sudah menerima kupon, harus berjalan mengambil daging di ujung pintu selatan Istiqlal. Kemudian setelah menukarkan kupon, penerima daging diminta mencelupkan tinta ke jarinya.

”Tinta ini memang tinta yang digunakan untuk Pemilu, kita lakukan agar penerima bukan orang yang sama, karena tidak ada syarat seperti KTP semua dipersilahkan datang, tapi jumlah daging sesuai ketersediaan,” ujarnya.

BPPMI akan mengerahkan 200 orang pegawai untuk melaksanakan Salat Ied, pemotongan, pembagian, dan keamanan. BPPMI juga bekerjasama dengan Polda Metro Jaya serta Satpol PP DKI demi kelancaran Salat Ied dan pembagian daging kurban.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Salat Ied akan dihadiri Presiden beserta istri,  Wakil Presiden beserta Istri, para menteri, Duta Besar negara-negara sahabat, Ketua DPR RI, dan lainnya. Salat akan dimulai pukul 07.00 WIB dengan Imam Hasanudin Sinaga, dan Khatib Prof M Faried Wadjedy. Kemudian pada pukul 07.45 WIB akan diadakan upacara penyerahan hewan kurban dari Presiden kepada BPPMI.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat