androidvodic.com

Media Center Berperan Penting Dalam Mengangkat Elektabilitas Partai - News

  News.JAKARTA-   Pengamat politik UniversitasIndonesia, Agung Suprio mengatakan bahwa media mempunyai peran yang penting dalam meningkatkan elektabilitas partai politik.

 “Terlebih pada masa pemilu seperti sekarang dimana pemberitaan mengenai partai politik mendapatkan porsi yang paling besar. Partai politik harus mengelola pemberitaan di media dengan baik.”

 
“Salah satu bentuk pengelolaan media yang dilakukan partai politik adalah dengan pendirian media center sebagai pusat informasi mengenai segala hal yang berkaitan dengan partai politik itu sendiri, mulai dari informasi mengenai kegiatan partai, maupun siaran pers resmi yang dikeluarkan oleh partai politik terkait dengan isu yang sedang hangat.” kata Agung.
 
Menurut Agung, salah satu partai politik yang memanfaatkan media center dengan baik adalah partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), “Partai Gerindra menurut saya adalah partai politik yang melakukan pengelolaan media dengan baik melalui Gerindra Media Center (GMC). Saya pernah beberapa kali hadir dalam acara diskusi maupun konferensi pers yang dilaksanakan oleh GMC, saya melihat sendiri bagaimana kinerja GMC dalam mengelola pemberitaan mengenai Gerindra di media.”
 
“Hasilnya dapat kita lihat sendiri bagaimana Gerindra berhasil menduduki posisi ketiga dalam hasil pemilu legislatif. Gerindra juga mengalami peningkatan suara hampir 300 persen jika dibandingkan pemilu 2009. Menurut saya GMC mempunyai peran penting dalam meningkatkan elektabilitas Gerindra pada pemilu kali ini.” lanjut Agung
 
Agung mengatakan bahwa sebagai pusat informasi Partai Gerindra, GMC sangat akomodatif terhadap kebutuhan informasi bagi awak media. “GMC merupakan tempat yang sangat representatif bagi wartawan yang ingin mengetahui informasi mengenai Partai Gerindra. Beberapa wartawan mengatakan kepada saya bahwa pelayanan GMC kepada awak media sangat baik, saya juga beberapa kali melihat kantor GMC dijadikan tempat nongkrong para wartawan. Hal ini menunjukkan bahwa telah terbangun relasi yang baik antara Gerindra dengan awak media.” katanya.
 
Pengamat Komunikasi Politik Universitas Paramadina, Hendri Satrio menambahkan bahwa media center partai politik  mempunyai peran yang sangat sangat signifikan sebagai penyeimbang atas adanya berita-berita di luar. ”Terlebih lagi jika media center dikelola dengan kaidah-kaidah jurnalistik yang mumpuni, artinya berdasarkan fakta dan data tidak hanya berdasarkan asumsi. Jika demikian, maka media center bisa dijadikan sebagai sumber informasi yang terpercaya oleh para jurnalis.”
 
Hendri mengatakan bahwa keberhasilan Gerindra meraih posisi 3 dalam Pemilu Legislatif  karena keberhasilan komunikasi politik yang tepat, karena berhasil mengangkat isu-isu yang disenangi oleh masyarakat dan berhasil meng-counter isu-isu yang tidak disenangi.

 “Tentunya keberhasilan komunikasi politik ini harus disokong oleh media center yang bagus yang bisa membuat pesan kunci yang tepat dan dimengerti oleh masyarakat. Yang menjadi tantangan adalah bagaimana menjaga agar trend komunikasi politik Gerindra yang sudah bagus ini menjadi lebih baik. Tentunya hal tersebut ditentukan oleh peran Gerindra Media Center untuk menggerakkan isu-isu yang positif dan kemudian mengklarifikasi isu-isu yang negatif

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat