androidvodic.com

Rayakan May Day, Ribuan Buruh Ini Long March dan Bakar Karangan Bunga untuk Ahok - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Lendy Ramadhan

News, JAKARTA - Ribuan buruh melakukan aksi long march dari titik kumpul Jalan Salemba Raya, Jakarta Pusat hingga Bundaran Patung Kuda, Jalan MH Thamrin-Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Senin (1/5/2017).

Mereka datang dari berbagai daerah menggunakan bus sejak pukul 08.00 WIB.

Mereka menuntut pemerintah mencabut Peraturan Pemerintah Nomor 78 Tahun 2016 tentang Pengupahan.

Masa buruh yang menggelar aksi di depan kantor Kementerian Pariwisata, Jakarta Pusat, sempat menarik pagar kawat berduri yang melintang di Jalan Medan Merdeka Barat, Senin (1/5/2017).
Masa buruh yang menggelar aksi di depan kantor Kementerian Pariwisata, Jakarta Pusat, sempat menarik pagar kawat berduri yang melintang di Jalan Medan Merdeka Barat, Senin (1/5/2017). (Tribunnews/Nurmulia Rekso Purnomo)

Selain itu, buruh juga menuntut pemerintah segera menertibkan para tenaga kerja asing (TKA) ilegal, menghapus sistem outsourching, dan menurunkan harga sembako.

Sambil meneriakkan tuntutannya, mereka juga membentang spanduk berisi tuntutan-tuntutan mereka.

Mereka juga sempat melakukan aksi pembakaran dan perusakan karangan bunga yang ditujukan untuk Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) di depan Balai Kota DKI Jakarta.

Massa buruh membakar karangan bunga yang diberikan kepada pasangan Ahok-Djarot, di depan Gedung Balai Kota Jakarta pada aksi buruh, Senin (1/5/2017).
Massa buruh membakar karangan bunga yang diberikan untuk pasangan Ahok-Djarot di depan Balai Kota DKI Jakarta pada aksi buruh, Senin (1/5/2017). (Tribunnews/Amriyono Prakoso)
Massa buruh membakar karangan bunga yang diberikan kepada pasangan Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat, Senin (1/5/2017).
Massa buruh membakar karangan bunga yang diberikan untuk pasangan Ahok-Djarot di depan Balai Kota DKI Jakarta pada aksi buruh, Senin (1/5/2017). (Tribunnews/Amriyono Prakoso)

Beberapa organisasi buruh yang terlibat dalam aksi tersebut yakni SPN, SPSI, FSPMI, dan Aspek.

Liputannya, simak dalam tayangan video di atas. (*)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat