androidvodic.com

Mahfud MD Bernostalgia Lebaran di Kampung, Absen Jadi Khatib - News

Laporan Koresponden News, Richard Susilo dari Tokyo

News, TOKYO - Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD tampak dalam jubelan orang yang ke luar dari pintu bandara Juanda di Surabaya kemarin (23/6/2017) sekitar jam 17:30.

Mahfud tampak ditemani oleh isterinya Zaizatun Nihayati, putera sulungnya Ichwan Zein, menantunya Ukhti Jamil, dan dua cucunya Irada dan Majda.

Dua anak Mahfud yang lain, Royhan Akbar dan Vina Amalia serta suaminya Angga Fiandana, sudah menunggu Mahfud di Surabaya.

“Mau lebaran di kampung. Selain ahlul sunnah waljamaah saya ini juga ahlul mudik wal makan keripik," paparnya kepada News yang dihubungi lewat telepon selulernya saat dalam perjalanan menuju kampung halamannya di Madura.

Mahfud mengatakan setiap tahun keluarganya mudik kalau lebaran.

Hari pertama biasanya berlebaran di rumah keluarga besar Bani MD di Madura, sehari berikutnya ke keluarga isterinya di Jember, dan setelah itu ke rumah pribadinya di Yogyakarta.

Meskipun mengaku setiap lebaran dirinya mudik ke Madura tetapi Mahfud mengaku lebaran tahun ini agak berbeda.

Maklum, dapat dikatakan selama 16 tahun terakhir ini Mahfud MD tidak salat ied di Madura karena menjadi khatib salat ied di berbagai tempat.

Pada Idul Fitri tahun 2016 yang lalu misalnya, Mahfud sudah tiba di rumah ibunya, Siti Hadidjah, di Madura dua hari sebelum hari H tetapi pada malam hari raya harus terbang ke Jakarta karena menjadi khatib di Kantor Kemensos atas undangan Mensos Khofifah Indarparawansa.

Setelah memberi khuthbah hari raya di Kemensos, saat itu, Mahfud langsung terbang lagi ke Surabaya dan langsung sungkem pada ibunya di Madura.

Harian Kompas edisi edisi 23 September 2009 menulis, menjadi khatib salat ied sudah rutin dijalani Mahfud sejak tahun 1994.

Mahfud MD juga selalu dijadwalkan untuk memberi khuthbah salah Jumat maupun taraweh di Masjid Istiqlal dan Masjid Al-Azhar Jakarta.

Kemampuan Mahfud MD untuk berkhuthbah dan mengisi ceramah agama ditopang oleh perjalanan pendidikannya yang dimulai dari pondok pesantren.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat