androidvodic.com

5 Amalan dari Gus Mus Agar Terhindar dari Covid-19   - News

News – Ulama Karismatik KH. Ahmad Musthofa Bisri atau yang biasanya dikenal dengan Gus Mus terus menyampaikan edukasi kepada masyarakat terkait dengan merebaknya Virus Corona atau Covid-19 yang saat ini sedang menimpa warga negara Indonesia dan dunia.

Dalam kapasitas Gus Mus sebagai agamawan, belia selalu menyampaikan nasihat-nasihat menyejukkan dengan mengajak masyarakat rajin berdoa, berpasrah diri, tawakkal kepada Allah SWT selain dari ikhtiar duniawi yang saat ini sedang massif digalakkan.

"Menghadapi Covid-19, ikhtiar lahir sudah dilakukan secara massal (dan bahkan mirip 'kepanikan umum'). Tapi, sebagai hamba-hamba beriman, kita tidak boleh melupakan ikhtiar batin, mendekat serta memohon kepada Tuhan kita dan Tuhannya segala virus,” tulis Gus Mus di akun instagramnya.

Ikhtiar lahir secara massal saat ini memang sangat nampak terlihat di tengah-tengah masyarakat. Kepedulian terhadap sesama warga yang kesusahan sebagai dampak dari pengurangan aktivitas di luar rumah juga gencar digalakkan.

 Seperti halnya donasi yang digalakkan lembaga filantropi Nahdlatul Ulama, NU Care-LAZISNU yang terus bergerak mengkoordinir masyarakat membantu kaum dhuafa lewat NU Care-LAZISNU. 

Gus Mus lewat akun Instagramnya, juga menyampaikan 5 amalan yang bisa dipraktekkan masyarakat agar terhidar dari Covid-19. Amalan tersebut antara lain:  

1. Menyempurnakan wudhu
2. Membaca 'BismiLlãhi lã yadhurru ma'asmiHi syai-un fil ardhi walã fissamã-i waHua s-Samii'ul 'Aliim_, (Ba'da Subuh dan Maghrib, saat keluar rumah)
3. Wirid asma Allah (Ya Salaam, Ya Hafiizh dan ya Maani'u yaa Dhaarru) 20 kali sehabis salat
4. Membaca selawat Nabi Muhammad SAW setiap luang
5. Berdoa 'Allahumma innã nas'aluKa al-'afwa wal-'ãfiata wal mu'ãfata ad-dãimata fiddiini waddunyã wal ãkhirah.

Peran agamawan dalam situasi krisis seperti saat ini memang sangat diperlukan. Selain untuk memahamkan masyarakat agar tidak melakukan kegiatan di luar rumah yang bisa memicu penyebaran Covid-19, tokoh agamawan juga diharapkan mengisi aspek ruhani masyarakat agar bisa sabar menghadapi situasi sulit ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat