androidvodic.com

Pesan Idul Fitri Menteri Teten: Majukan Ekonomi Indonesia, Bangga Pakai Produk Lokal - News

News, JAKARTA - Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menyampaikan pesan lebaran pada Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriyah, Minggu (24/5/2020).

“Idul Fitri telah tiba kita kembali menjadi suci setelah berperang melawan diri sendiri dan Covid-19,” katanya dalam video resmi Kementerian Koperasi dan UKM.

Baca: Wali Kota Bekasi Salat Id di Masjid, Sementara Wakilnya di Rumah

“Di hari yang suci mari kita bersama-sama bergotong royong memajukan ekonomi Indonesia dengan cara bangga menggunakan produk lokal,” tambah Menteri Teten.

Mantan Kepala Staf Kepresidenan itu meyakini dengan semangat bergotong royong, koperasi dan UKM tetap dapat menjadi tulang punggung ekonomi Indonesia.

“Koperasi dan UKM harus tetap optimis dan terus berinovasi,” tukasnya.

Sebelumnya, kondisi sektor UMKM terdampak pandemi virus corona cukup signifikan.

Detidaknya 43 persen UMKM berhenti beroperasi, sebagian lagi banting stir memproduksi alat pelindung diri dan masker.

Baca: 105.325 Narapidana Terima Remisi, 365 Orang Langsung Bebas

Sebab itu, dibutuhkan peran masyarakat untuk membeli produk lokal.

"Kemarin hasil survei Unpad juga datanya sama 43 persen UMKM di Jawa Barat akan berhenti. Kita asumsikan 40 persen yang akan berhenti," kata Teten di kesempatan yang sama.

Teten menerangkan masyarakat Indonesia 99 persen adalah pelaku UMKM, namun sayangnya tidak ada data akurat untuk memastikan keberadaan mereka.

"Kalau mau diselesaikan masalah ini kita harus membangun basis datanya by name by address. Restrukturisasi kredit saja tidak cukup," imbuhnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat