androidvodic.com

Presiden AS Dilantik, Pimpinan DPR RI : Kepemimpinan Biden-Harris Jadi Harapan Stabilitas Global  - News

News, JAKARTA - Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin menyoroti pelantikan Presiden Amerika Serikat (AS) dengan mengucapkan selamat atas terpilihnya kepemimpinan baru negeri Paman Sam tersebut.

“Selamat atas terpilihnya Joe Biden dan Kumala Harris sebagai Presiden dan Wakil Presiden baru Amerika Serikat. Semoga administrasi baru ini membawa dampak positif dalam stabilitas politik regional maupun global," ujar Azis Syamsuddin, kepada wartawan, Jumat (22/1/2021).

Sebelumnya, Joe Biden dan Kumala Harris dilantik pada 20  January 2021 di West Front Gedung Capitol AS.

Pelantikan ini pun menjadi sorotan dunia setelah berbagai issue politik domestik AS mewarnai media masa International.

“Kepemimpinan Biden-Harris menjadi semangat baru multilateralisme global, khususnya di masa pandemi saat ini. Kita harapkan kerjasama positif AS dalam kerangka membangun hubungan international yang konstruktif, khususnya di wilayah Indo-Pasifik," kata Aziz.

Baca juga: Jokowi Sampaikan Selamat Atas Pelantikan Joe Biden dan Kamala Harris Sebagai Presiden dan Wapres AS

Baca juga: Menlu Retno Ungkap Harapan RI pada AS Usai Biden – Harris Resmi Dilantik

Menyikapi harapan Indonesia terhadap kepemimpinan Biden-Harris, politikus Golkar ini mengatakan bahwa Indonesia perlu aktif membangun komunikasi dan diplomasi secara intens dengan administrasi baru AS dalam rangka menjaga neraca perdagangan Indonesia dengan AS.

“Pemerintah perlu aktif memanfaatkan momentum awal dalam menegosiasikan berbagai kepentingan Indonesia, khususnya terkait neraca perdagangan," kata dia. 

"Kita perlu meningkatkan ekspor kita serta menarik investasi ke Indonesia dalam hal pembangunan industri dalam negeri sehingga dapat terjadi transfer of technologi dan bermanfaat dalam pembangunan menuju Indonesia Maju," imbuh Aziz. 

Baca juga: Joe Bidan Diharapkan Ciptakan Tatanan Ekonomi-Politik Dunia Lebih Harmonis

Lebih lanjut, Wakil Ketua DPR RI bidang Korpolkam ini mengharapkan kepemimpinan baru AS membawa dampak positif terhadap perkembangan kawasan Indo-Pasifik yang inclusive dalam menjaga stabilitas regional.

“Kawasan Indo-Pasifik menjadi perhatian khusus, semoga kepemimpinan Biden-Harris membawa stabilitas kawasan dalam kerangka inklusif dengan mengedepankan nilai-nilai Sentralitas ASEAN. Kerjasama ekonomi regional dan pemeliharaan perdamaian dunia serta penerapan asas-asas hukum international menjadi prospek kerjasama kedepan antara Indonesia-Amerika Serikat," tandasnya. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat