androidvodic.com

Bedah Buku Petunjuk Nabawi Menghadapi Fitnah dan Mengatasi Konflik, Ini Penekanan Abdul Mu'ti - News

News, JAKARTA - Sekretaris PP Muhammadiyah Abdul Mu’ti membedah buku berjudul Petunjuk Nabawi Menghadapi Fitnah dan Mengatasi Konflik.

Buku itu merupakan hasil kolaborasi ARLIC Indonesia dan Nurani Publishing dalam menghimpun khazanah keilmuan dari Habib Umar bin Hafidz yang bersumber langsung secara komprehensif kepada teks-teks pokok dan sunnah Rasulullah Muhammad SAW.

Abdul Mu'ti mengatakan beberapa waktu belakangan ini kehidupan di lintas kawasan regional, nasional, bahkan internasional seringkali dipenuhi berbagai kabar bertema konflik antar manusia.

Mulai dari peperangan, kekerasan, intoleransi, sampai diskriminasi pendapat turut mewarnai perjalanan sejarah global sampai saat ini. Terlebih, akar dari peristiwa-peristiwa konflik tersebut banyak tumbuh dari persoalan keyakinan atau agama.

Menurutnya perbedaan penafsiran nilai-nilai yang dimuat dalam keyakinan beragama seringkali tumbuh menjadi pendangan yang saling bergesekan, dan bahkan terus berkembang menjadi pemicu fitnah dan konflik berkepanjangan. Seperti di Timur Tengah dan marak tumbuhnya potensi serupa di kawasan-kawasan lainnya.

Abdul Mu'ti menilai buku ini menekankan dalam bidang pendidikan berbasis hati, dan dapat menjadi salah satu referensi yang strategis untuk menjawab problematika kehidupan di zaman yang dipenuhi konflik.

“Pendidikan itu bukan hanya membentuk orang menjadi alim, tapi juga membentuk orang menjadi arif. Karena banyak masalah yang lahir jika ilmu tidak dibarengi dengan kearifan, diakibatkan arogansi keilmuan. Oleh karenanya, pendidikan itu harusnya pendidik yang melembutkan hati," ujar Sekretaris PP Muhammadiyah Abdul Mu’ti, ketika membedahnya, di Masjid Istiqlal Jakarta, Rabu (27/10/2021).

Dia juga menekankan pentingnya umat Islam Indonesia memiliki dan membaca buku yang baru saja diluncurkan ini.

Menurutnya, buku ini merupakan referensi yang cocok dan mudah dipahami untuk menciptakan pandangan dan lingkungan beragama yang jauh dari potensi saling memfitnah dan melahirkan konflik antar sesama.

“Buku ini mengajarkan kita menjadi lebih baik tanpa merasa paling baik. Serta berada di jalan yang benar, fii dinil haq, tanpa merasa paling benar," ucapnya.

Sementara itu, TGB. Muhammad Zainul Majdi menyebut buku ini mendapatkan banyak respon yang positif. Terutama karena pengaruh Habib Umar bin Hafidz yang sangat besar di Indonesia.

Baik secara keilmuan maupun komunitas jama’ah, lanjutnya, buku ini menjadi sangat penting sebagai medium untuk terus merawat ajaran-ajaran yang dikembangkan Habib Umar bin Hafidz yang terkenal mengedepankan perdamaian dan sesuai dengan konteks keberagaman di Indonesia.

“Buku ini berisi pesan-pesan perdamaian ajaran beliau (Habib Umar bin Hafidz). Baca dengan utuh, supaya kita memahami Manhaj (metode) keilmuan beliau, agar mampu mengontekstualisasikan keilmuan sesuai dengan kebutuhan," kata TGB. Muhammad Zainul Majdi, ulama asal NTB itu.

Buku ini baru saja diluncurkan dan dibedah secara internasional pada Rabu, 27 Oktober 2021 bertempat di Masjid Istiqlal Jakarta.

Mengundang beberapa penanggap berkompeten dari tokoh-tokoh agama Islam yang multi-representatif, turut memberikan legitimasi bahwa buku yang dihimpun dari pemikiran Habib Umar bin Hafidz tersebut layak dan sangat dibutuhkan bagi umat Muslim di Indonesia secara umum.

Beberapa narasumber yang menghadiri bedah buku internasional ini yakni Al-Habib Jindan bin Nauval bin Salim bin Ahmad bin Jindan, Prof. Dr. KH. Nasaruddin Umar, Prof. Dr. Abdul Mu’ti, dan Dr. TGB. Muhammad Zainul Mahdi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat