androidvodic.com

Pengamat: Letjen Dudung Berpeluang Isi Posisi KSAD - News

News, JAKARTA - Pengamat Militer Institute for Security and Strategic Studies (ISESS) Khairul Fahmi mengatakan, Pangkostrad Letjen TNI Dudung Abdurachman berpeluang menjabat posisi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD).

Hal itu menyusul Jenderal TNI Andika Perkasa dipilih Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Calon Panglima TNI.

"Soal siapa pengganti KSAD ya, saya kira Pak Dudung saat ini bisa dibilang sangat berpeluang," kata Khairul Fahmi saat dihubungi Tribunnews, Rabu (3/11/2021).

Baca juga: Mensesneg Jawab Pertanyaan Mengapa Angkatan Darat Dipilih Jadi Calon Panglima TNI 

Baca juga: Jenderal Andika Calon Tunggal Panglima TNI, Muhaimin: Presiden Jokowi Punya Pertimbangan Matang  

Meski begitu, Khairul mengatakan bahwa tak menutup kemungkinan sosok-sosok lain yang juga berpeluang untuk menjadi KSAD.

"Tapi bukan berarti tidak ada sosok lain yang juga berpeluang menjadi KSAD menggantikan Pak Andika yang ditunjuk menjadi Panglima TNI," tambahnya.

Khairul pun menyebut, Kasum TNI Letjen TNI Eko Margiyono yang juga punya peluang besar menjadi KSAD. Terlebih, kata Khairul, Eko Margiyono memiliki rentan waktu bertugas yang terbilang lama sebelum memasuki masa pensiun.

Baca juga: Setara Institute Singgung Rotasi Antar-Matra Usai Jenderal Andika Dipilih Sebagai Calon Panglima TNI

"Pak Dudung akan pensiun pada November 2023, sama dengan Pak Yudo Margono (KSAL)," ucapnya.

"Artinya kalau kita bicara kepentingan regenerasi baik di tubuh Angkatan Darat maupun di TNI, secara umum terkait konstelasi Panglima TNI berikutnya pasca Andika yang akan pensiun pada Desember 2022, saya kira Pak Dudung, penunjukan Pak Dudung sebagai KSAD tidak akan berdampak positif bagi proyeksi regenerasi TNI pasca Pak Andika," jelasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat