androidvodic.com

Profil Aliza Gunado, Disebut Orang Kepercayaan Azis Syamsuddin, Hari Ini Diperiksa KPK - News

News - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hari ini telah memeriksa Aliza Gunado, dalam kasus dugaan suap penanganan perkara tindak pidana korupsi di Kabupaten Lampung Tengah.

Dalam hal ini Aliza diperiksa sebagai saksi bersama dengan Edy Sujarwo.

Dikutip dari Kompas.com, Aliza disebut-disebut sebagai orang kepercayaan mantan Wakil Ketua DPR, Azis Syamsuddin, yang kini telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus tersebut.

Aliza diperiksa sekitar 6 jam.

Saat selesai pemeriksaan, Aliza melenggang keluar ruangan, dan tampak tak menjawab pertanyaan-pertanyaan dari awak media.

Baca juga: KPK Dalami Peran Azis Syamsuddin Urus Pengajuan DAK Lampung Tengah

Termasuk saat ditanya keterlibatan Azis Syamsuddin di dana alokasi khusus (DAK) Lampung Tengah.

Mantan Wakil Ketua DPR RI, Azis Syamsuddin usai memberikan keterangan dalam sidang lanjutan kasus dugaan suap penanganan perkara yang diusut KPK dengan terdakwa mantan penyidik KPK, AKP Stepanus Robin Pattuju dan pengacara Maskur Husain di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Senin (25/10/2021). Sidang tersebut beragenda mendengarkan keterangan saksi-saksi yang dihadirkan Jaksa Penuntut Umum (JPU) KPK. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Mantan Wakil Ketua DPR RI, Azis Syamsuddin usai memberikan keterangan dalam sidang lanjutan kasus dugaan suap penanganan perkara yang diusut KPK dengan terdakwa mantan penyidik KPK, AKP Stepanus Robin Pattuju dan pengacara Maskur Husain di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Senin (25/10/2021). Sidang tersebut beragenda mendengarkan keterangan saksi-saksi yang dihadirkan Jaksa Penuntut Umum (JPU) KPK. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN (TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN)

Adapun KPK tengah mendalami fakta persidangan yang mengungkap bahwa ada dua orang kepercayaan Azis yang diduga terlibat dalam pengurusan DAK di Lampung Tengah.

Fakta itu diungkapkan oleh mantan Kepala Dinas (Kadis) Bina Marga Lampung Tengah, Taufik Rahman di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta Pusat, Senin (1/11/2021).

Lantas siapakah Aliza Gunado?

Kader Partai Golkar yang pernah menjabat sebagai mantan Wakil Ketua Umum PP Angkatan Muda Partai Golkar (AMPG), Aliza Gunado, rampung diperiksa penyidik KPK pada pukul 15.59 WIB, Senin (15/11/2021) di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta. Aliza diperiksa sebagai saksi untuk kasus suap yang menjerat eks Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin.
Kader Partai Golkar yang pernah menjabat sebagai mantan Wakil Ketua Umum PP Angkatan Muda Partai Golkar (AMPG), Aliza Gunado, rampung diperiksa penyidik KPK pada pukul 15.59 WIB, Senin (15/11/2021) di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta. Aliza diperiksa sebagai saksi untuk kasus suap yang menjerat eks Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin. (Ilham Rian Pratama)

Aliza Gunado merupakan kader Partai Golkar yang pernah menjabat sebagai mantan Wakil Ketua Umum PP Angkatan Muda Partai Golkar (AMPG).

Dikutip dari kpu.go.id, Aliza merupakan pria kelahiran Bandar Jaya, 17 Agustus 1980, kini berusia 41 tahun.

Dirinya merupakan lulusan SI Universitas Khatolik Parahyangan Bandung.

Baca juga: Aziz Syamsuddin Minta Bunda Rita Beri Keterangan Bohong ke KPK

Baca juga: Mantan Ketua DPRD Lampung Tengah Temani Mustafa Naik Taksi ke Rumah Azis Syamsuddin

Aliza pernah berorganisasi di Dewan Pengurus Pusat Generasi Muda Musyawarah Kekeluargaan Gotong Royong (DPP GEMA MKGR) pada tahun 2011 hingga 2015.

Lantas di tahun yang sama, dirinya juga masuk dalam organisasi DPD Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI).

Sementara itu, riwayat pekerjaannya, dirinya pernah bekerja di PT Uninect Mitra Nusa, sebagai Direktur Operasional.

Kemudian 2009 hingga 2011 menjadi Project Manager di PT Global Mandiri Abadi.

(News/Garudea Prabawati) (Kompas.com/Irfan Kamil)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat