androidvodic.com

Walau Bergejala Ringan, Varian Omicron Menular 5 Kali Lebih Cepat, Ketua IDI Sarankan Tetap Waspada - News

Laporan Wartawan News, Aisyah Nursyamsi

News, JAKARTA - Ketua Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) Daeng M Faqih memaparkan terkait beberapa fakta mengenai varian baru Covid-19, Omicron yang telah ditemukan di Tanah Air. 

Satu di antaranya adalah di lapangan, kasus varian Omicron memang tidak ditemukan gejala berat. Tapi kecepatan penularannya perlu diwaspadai. 

"Awalnya memang berita simpang siur. Tapi sudah dikonfirmasi parah ahli, gejala dari varian Omicron memang tidak lebih berat, malah lebih ringan. Namun kecepatan penularan bisa lima kali cepat," ungkapnya pada siaran Radio MNC Trijaya, Sabtu (18/12/2021).

Selanjutnya, walau gejala cenderung ringan, pada sebagian orang dapat berakibat fatal saat terinfeksi. Misalnya pada penderita yang orang memiliki penyakit tertentu.

Baca juga: Varian Omicron Telah Terdeteksi, Pemerintah Sebut Tidak Bisa Tutup Total Pintu Masuk

"Daya tahan tubuh menurun, HIV kronis dan betul lemah memang berakibat terjdi perburukan. Itu yang dilaporkan baik WHO dan Afrika Selatan," tambahnya lagi. 

Masyarakat memang dianjurkan untuk tidak boleh panik. Akan tetapi kata Daeng harus diperhitungkan penularan yang begitu cepat. Ini akan akan berpotensi meningkatkan angka kesakitan.

"Meskipun dengan gejala ringan, dalam satu tempo tertentu akan banyak. Kalau sampai transmisi lokal. Sehingga penyediaan pelayanan, obat, harus dilakukan," tambahnya lagi. 

Terutama untuk lokasi isolasi dan karantina. Diprediksi jauh lebih banyak masyarakat yang bergejala ringan. Sehingga strateginya adalah membentuk shelter isolasi mandiri.

Selanjutnya testing diutamakan pada tempat karantina harus cepat dan masif dilakukan. Kalau penyebaran sudah melewati tempat karantina, testing dan treasing pada komunitas masyarkat harus dilakukan. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat