androidvodic.com

Kemendikbudristek: Pemerintah Dorong Mobilitas Mahasiswa Indonesia ke Kampus Terbaik di Dunia - News

News, JAKARTA - Kemendikbudristek memiliki dua program mobilitas mahasiswa internasional yang merupakan bagian program dari Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)

Kedua program tersebut adalah Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) untuk jalur sarjana dan Indonesian International Vocational Student Mobility Awards (IIVOSMA) untuk jalur vokasi. 

"Melalui program mobilitas tersebut, mahasiswa Indonesia mendapat kesempatan untuk belajar selama satu semester di kampus-kampus terkemuka di dunia," tutur Atase Pendidikan dan Kebudayaan Kedutaan Besar Republik Indonesia di London Khairul Munadi melalui keterangan tertulis, Sabtu (26/2/2022).

"Khusus jalur vokasi, mahasiswa diharapkan juga terpapar dengan lingkungan kerja industri di negara tujuan belajar," tambah Khairul. 

UCD, menurut Khairul, berkomitmen kuat untuk mendukung suksesnya program IISMA dan IIVOSMA 2022. 

Baca juga: Mendikbudristek Minta Mahasiswa Bantu Sekolah Terapkan Kurikulum Merdeka

Khairul mengungkapkan salah satu kampus terbaik di Irlandia, yaitu University College Dublin sangat antusias untuk menjalin kerja sama riset dengan perguruan tinggi dan institusi riset di Indonesia. 

"UCD juga berkomitmen kuat untuk menyukseskan program mobilitas mahasiswa, baik mahasiswa dari jalur sarjana maupun vokasi,” ungkap Khairul.

Khairul menegaskan bahwa banyak peluang kerja sama yang dapat ditindaklanjuti dengan Irlandia. 

“Selain kerja sama riset, inovasi, dan akademik, terbuka juga peluang untuk mengenalkan kesenian dan kebudayaan Indonesia,” pungkas Khairul.  
 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat