androidvodic.com

Satgas Pangan Polri Pastikan Stok dan Harga Pangan Masih Aman Jelang Ramadan - News

Laporan wartawan News, Danang Triatmojo

News, JAKARTA - Satgas Pangan Polri mulai melakukan sejumlah langkah guna mencegah penyimpangan distribusi dan alokasi minyak goreng kemasan maupun curah.

Satgas Pangan Polri juga memastikan stok dan harga pangan aman jelang bulan Ramadan.

Kepala Satgas Pangan Polri Irjen Pol Helmy Santika mengatakan saat ini Harga Eceran Tertinggi (HET) minyak goreng curah Rp14.000/liter atau Rp15.500/kg, cukup jauh di bawah Harga Acuan Keekonomian (HAK).

"Disparitas harga yang cukup besar ini tentunya rawan terjadi penyimpangan distribusi dan alokasi, untuk itu Satgas Pangan Polri melakukan langkah-langkah pencegahan," kata Helmy dalam keterangannya, Sabtu (26/3/2022).

Baca juga: Kadiv Propam Minta Kasat Lantas Jangan Cuma Duduk-duduk Saja: Harus Turun ke Lapangan

Adapun langkah yang dilakukan Satgas Pangan Polri yakni menggelar kegiatan monitoring produksi dan distribusi minyak goreng curah. Proses distribusi disebut harus terpantau jelas dan diawasi lembaga terkait.

Selain itu, lanjut Helmy, Satgas Pangan Polri juga melakukan tracking alur pendistribusian minyak goreng curah dari proses produksi hingga pendistribusian sampai dengan konsumen.

"Kemudian memberikan imbauan dan informasi terkait HET minyak goreng curah untuk kebutuhan masyarakat," terang Staf Ahli Kapolri Bidang Manajemen ini.

Baca juga: Satgas Pangan Polri Ungkap Kenaikan Harga Pangan di Indonesia Terpengaruh Invasi Rusia ke Ukraina

Secara umum, Helmy menegaskan, ketersediaan minyak goreng saat ini masih terjamin dan mencukupi kebutuhan nasional.

Kenaikan harga minyak goreng yang menjadi pembicaraan hangat belakangan ini, disebutnya lebih disebabkan karena naiknya harga CPO sebagai bahan utama minyak goreng.

"Kenaikan harga juga dialami beberapa komoditas lain yang pemenuhannya sebagian besar masih tergantung impor, seperti kedelai, gula dan daging sapi," ucap dia.

Untuk membantu pemerintah mengendalikan harga dan menjamin pasokan pangan menjelang Ramadan dan Idul Fitri, Kapolri telah menginstruksikan seluruh Kapolda agar jajarannya terjun ke lapangan mengecek langsung stok dan distribusi bahan pokok di wilayah masing-masing.

"Polda dan jajaran agar melakukan langkah-langkah antisipatif segera bila ditemukan ada komoditas yang terganggu pasokan maupun ketersediaannya, bersama-sama dengan instansi terkait," pungkas dia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat