androidvodic.com

Jadikan Momentum Lebaran sebagai Pendorong & Pemicu Ekonomi Nasional, Transisi Menuju Endemi - News

Laporan Wartawan News, Fahdi Fahlevi

News, JAKARTA - Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan momentum lebaran harus dijadikan sebagai pendorong dan pemicu ekonomi nasional setelah dua tahun mengalami hibernasi dan mati suri.

Dia juga meminta masyarakat menjaga agar Covid-19 tetap landai sehingga Indonesia bisa melakukan transisi menuju endemi.

"Patut kita bersyukur, mudik relatif lancar baik dari arus mudik, arus balik, kemudian penanganan daerah rekreasi dan wisata serta penanganan covid-19 semua berjalan dengan baik," ujar Muhadjir melalui keterangan tertulis, Selasa (10/5/2022).

"Dengan aktivitas lebaran yang positif ini, kita sekarang harus berpikir untuk bangkit dari pandemi dan bangkit dari ekonomi nasional yang sudah dua tahun mati suri," tambah Muhadjir.

Sebagai kementerian yang ditunjuk oleh Presiden menjadi koordinator mudik 2022, Muhadjir menyebut pihaknya terus melakukan koordinasi dan peninjauan untuk mengontrol arus mudik.

Baca juga: Arus Balik Tol Cipali Padat Merayap Hingga Dini Hari, Contraflow Diterapkan

"Tadi malam masih mengontrol arus balik, dari KM 29 dan kita lanjutkan ke KM 70, dengan Sesmenko dan Jasa Marga dan Alhamdulillah semuanya lancar," ungkap Muhadjir.

Adapun berdasarkan laporan Jasa Raharja, angka kecelakaan pada tahun ini turun hingga 33 persen.

Sementara angka korban pada arus mudik kali ini juga mengalami penurunan yakni mencapai 56 persen.

"Mudah-mudahan ini adalah awal yang baik, patut kita bangga karena kita mendapatkan libur mudik pertama setelah dua tahun. Semoga setelah ini juga akan ada banyak segi positif yang bisa didapat baik oleh pribadi maupun pemerintah RI," kata Muhadjir.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat