androidvodic.com

24 Teroris yang Ditangkap Telah Berbaiat kepada Pimpinan ISIS Abu Hasan Al-Hashimi Lewat Medsos - News

Laporan Wartawan News, Igman Ibrahim

News, JAKARTA - Polri mengungkap 24 teroris pendukung Mujahidin Indonesia Timur (MIT) Poso dan ISIS yang ditangkap belakangan ini telah berbaiat dengan pimpinan ISIS terbaru Abu Hasan Al-Hashimi.

Diketahui, Al-Hashimi terpilih menjadi pimpinan ISIS terbaru setelah kematian pemimpin sebelumnya, Abu Ibrahim al-Qurashi.

Dia meledakkan dirinya dalam serangan oleh pasukan khusus Amerika Serikat di barat laut Suriah.

"Kita ketahui organisasi ISIS sudah memiliki pemimpin yang baru. Jadi, beberapa orang ini telah melakukan baiat kepada pemimpin ISIS yang baru yaitu Abu Hasan Al-Hashimi Al-Quraisy," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (17/5/2022).

Baca juga: 24 Teroris Pendukung MIT Poso dan ISIS Jadi Penyedia Logistik hingga Sembunyikan Informasi

Ramadhan menuturkan bahwa mereka berbaiat dengan Al-Hashimi melalui salah satu grup di media sosial. Mereka membaca teks secara mandiri untuk melakukan baiat.

"Mereka melakukan baiat kepada amirul mukminin yang baru berbaiat dilakukan secara mandiri yaitu dengan membaca teks yang dikirim oleh saudara H di salah satu grup medsos mereka ya," jelas Ramadhan.

Ramadhan menyampaikan bahwa para tersangka juga diminta untuk menfirimkan sebuah video ke grup Whatsapp (WA) yang menunjukkan bahwa mereka telah mengucap baiat kepada Al-Hashimi.

"Jadi memberikan pernyataan atau baiat mereka dengan membaca teks dan dikirim melalui grup WA," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, Tim Densus 88 Antiteror Polri kembali melakukan kegiatan senyap dengan menangkap sejumlah tersangka teroris.

Baca juga: Densus 88 Tangkap 24 Terduga Teroris Pendukung MIT Poso dan ISIS di Tiga Wilayah

Kali ini, pelaku yang tertangkap diduga para pendukung Mujahidin Indonesia Timur (MIT) Poso dan ISIS.

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan menuturkan bahwa total tersangka yang ditangkap berjumlah 24 orang.

"Update Penangkapan tersangka teroris. Densus 88 Antiteror Polri menangkap 24 tersangka teroris para pendukung MIT Poso dan pendukung ISIS," kata Ramadhan saat dikonfirmasi, Senin (16/5/2022).

Dijelaskan Ramadhan, pelaku ditangkap pada Sabtu 14 Mei 2022 lalu. Seluruhnya ditangkap di tiga daerah terpisah.

"Penangkapan dilakukan hari Sabtu tanggal 14 mei 2022. Rinciannya, 22 orang di Sulawesi Tengah, 1 di Bekasi dan 1 di Kalimantan Timur," pungkasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat