androidvodic.com

SayaPilihBumi Siap Gelar Barter.in Vol. 1: Gerakan Saling Bertukar - News

News - SayaPilihBumi siap menggelar kegiatan Barter.in Vol. 1: Gerakan Saling Bertukar, pada 3 Juni 2022 di Bentara Budaya Jakarta, Palmerah Selatan.

Acara ini dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup pada tanggal 5 Juni, serta kepedulian terhadap sampah tekstil dan mengampanyekan tentang fesyen berkelanjutan.

Kegiatan barter merupakan sistem perdagangan yang di dalamnya terdapat kegiatan tukar-menukar barang.

Lalu, Barter.in adalah sebuah kegiatan yang bertujuan untuk meminimalisir tingkat konsumerisme masyarakat untuk kebutuhan sehari hari sekaligus mengampanyekan gerakan #TakPerluBeliBaru dengan cara tukar menukar satu dan lainnya.

“Barter.in ini adalah gerakan saling bertukar Jadi, tak perlu membeli sesuatu yang baru, cukup pakai yang ada."

"Bisa saling bertukar dengan teman ataupun keluarga sehingga bisa memperpanjang usia suatu barang untuk dampak yang baik bagi lingkungan dan sekitar."

"Gerakan ini juga dibuat untuk menanamkan bahwa its okay to repeating same clothes, same things dalam waktu yang lama."

"Daripada membeli baru, Barter.in bisa menjadi salah satu solusi,” kata Head of Community and Campaign National Geographic Indonesia, Diky Wahyudi Lubis.

“Kegiatan Barter.in Vol. 1: Gerakan Saling Bertukar tanggal 3 Juni mendatang, merupakan kolaborasi antara SayaPilihBumi dan Kompas Gramedia, yang didukung oleh Bentara Budaya Jakarta, dengan fokus utama yang dituju adalah mengajak masyarakat mengurangi sampah tekstil."

"Seperti yang kita ketahui, industri mode terutama fast fashion memberikan pilihan kepada konsumen untuk membeli banyak pakaian dengan harga yang terjangkau dan usia pakaian yang relatif pendek sehingga limbah tekstil terus meningkat,” jelas Diky Wahyudi Lubis.

Baca juga: Diklaim Lebih Ramah Lingkungan, Ini Keunggulan Produk Alternatif Tembakau

Mengusung tema “Dibuang Sayang”, terdapat beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan di acara Barter.in Vol. 1 dengan kegiatan utama Barter.in pakaian, yaitu pengunjung bisa membawa pakaian dengan kondisi layak pakai kemudian dapat menukarnya dengan pakaian yang sudah terkurasi dan tersedia selama acara berlangsung.

Terdapat juga kegiatan lainnya seperti Repair your Clothes - bekerja sama dengan Controlnew (CTRL+N), dimana pengunjung berkesempatan memperbaiki pakaian dengan kerusakan ringan secara gratis dan terbatas.

Selain itu, terdapat pula penampilan live music yang akan menambah keseruan dan kemeriahan acara.

Dengan diselenggarakan kegiatan Barter.in vol. 1 ini diharapkan dapat mengurangi limbah tekstil, juga memperpanjang usia pakaian untuk fesyen berkelanjutan dan kelestarian bumi serta mampu mengurangi gaya hidup konsumerisme dari setiap individu.

Informasi lebih lanjut seputar penyelenggaraan Barter.in Vol.1 dapat disimak melalui akun Instagram @SayaPilihBumi.

Baca juga: Undangan Digital Disebut Jadi Solusi Terjangkau hingga Ramah Lingkungan

Sekilas tentang Saya Pilih Bumi

#SayaPilihBumi merupakan sebuah gerakan sosial yang di inisiasi oleh National Geographic Indonesia yang bertujuan untuk mengajak masyarakat melakukan perubahan perilaku dalam kegiatan sehari-hari agar menjadi individu yang lebih bijak dan bertanggung jawab terhadap limbah sampah yang dihasilkan melalui hal-hal kecil yang dapat dilakukan oleh diri sendiri.

Melalui gerakan #SayaPilihBumi ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan mengenai bahaya sampah bagi ekosistem lingkungan serta bagaimana cara penanggulangannya.

Lalu, melalui gerakan ini juga diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terkait permasalahan sampah dan bagaimana solusinya, sehingga bisa menginspirasi dan mendorong masyarakat lainnya untuk dapat berbuat sesuatu bagi lingkungan mereka melalui hal-hal sederhana.

(News)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat